PT. EQUITYWORLD FUTURES – Minyak bergerak naik di New York, memangkas penurunan bulanan karena pengebor pimpinan OPEC dan Rusia mengutip kepatuhan mereka terhadap kesepakatan pengurangan produksi dalam menghadapi kenaikan produksi minyak mentah AS.

Kontrak naik 0,9 persen, membawa penurunan bulan April menjadi 2,4 persen. Rusia mengatakan bahwa pihaknya hampir menerapkan pemangkasan pasokan sebanyak 300.000 barel per hari.

Reli minyak mentah pada paruh pertama bulan April kehilangan sentimen karena kekhawatiran bahwa pertumbuhan output AS dapat mengancam untuk mengurangi dampak usaha OPEC.

PT. EQUITYWORLD Analis mencatat apakah Kremlin akan bergabung dengan kartel tersebut untuk memperpanjang kesepakatan tersebut selama enam bulan lagi.

Produksi Amerika telah meluas sampai yang tertinggi sejak Agustus 2015 dan Menteri Energi Arab Saudi Khalid Al-Falih telah mengakui bahwa kuartal pertama gagal membawa persediaan di bawah rata-rata lima tahun. Sementara Organization of the Oil Exporting Countries dan sekutu-sekutunya mempertimbangkan untuk memperpanjang kesepakatan mereka hingga melewati bulan Juni, tingkat pengebor AS yang menargetkan minyak mentah telah meningkat, membawa jumlah rig ke level tertingginya sejak April 2015.

Minyak mentah West Texas Intermediate (WTI) untuk pengiriman Juni naik 42 sen ke level $ 49,39 per barel pada pukul 9:43 pagi di New York Mercantile Exchange. Total volume yang diperdagangkan sekitar 1 persen di atas rata-rata 100 hari.

Brent untuk pengiriman Juni, yang berakhir pada hari Jumat, PT Equityworld menguat 26 sen ke level $ 51,70 per barel di ICE Futures Europe exchange yang berbasis di London. Harga turun 2,1 persen selama bulan ini. Minyak mentah acuan global diperdagangkan pada premium $ 2,26 untuk WTI. Kontrak untuk bulan Juli yang lebih aktif naik 44 sen menjadi $ 52,26.

Sumber : Bloomberg