PT. EQUITYWORLD FUTURES – Emas menguat seiring beberapa investor menutup bearish yang ditimbulkan dalam pendekatan pemilihan pro-EU Emmanuel Macron dalam pemilihan presiden Prancis.

Emas berjangka untuk pengiriman Juni naik 0,1% ke level $ 1,228.20 / oz pada pukul 10:48 pagi di Comex waktu New York.

PT. EQUITYWORLD Kemenangan Macron “sangat diharapkan oleh pelaku pasar,” Intesa Sanpaolo mengatakan dalam catatan penelitiannya. “Sebagai konsekuensinya, harga emas naik seiring investor menutup beberapa posisi short mereka”.

Dalam pekan yang berakhir pada 5 Mei, emas berjangka kehilangan 3,3%, yang merupakan penurunan mingguan terbesar sejak Donald Trump terpilih menjadi presiden seiring data pekerjaan AS yang lebih baik dari perkiraan semakin mengikis permintaan logam kuning ini sebagai haven.

Dolar pulih sedikit dari penurunan tajam semalam masih turun 1,3 persen terhadap euro dan sekitar 1 persen terhadap sekeranjang mata uang, membuat emas dengan harga dolar menjadi lebih murah bagi investor non-A.S. Meningkatnya ketegangan geopolitik telah mendorong spekulan untuk meningkatkan posisi net buy, dan posisi bersih mereka di emas COMEX ke level tertinggi lima bulan dalam seminggu hingga 18 April, data resmi menunjukkan pada hari Jumat. Perak spot turun 0,11 persen pada $ 17,86 per ons, setelah sebelumnya menyentuh level terendah satu bulan di $ 17,65. Platinum turun 1,70 persen menjadi $ 954, sementara paladium naik 0,32 persen menjadi $ 794. Berdasarkan analisa diperkirakan harga emas berpotensi naik jika pelemahan dollar AS berlanjut. Harga emas bergerak dalam kisaran Resistance 1,277 – $ 1,279, dan jika harga turun akan bergerak dalam kisaran Support $ 1,273 – $ 1,271.

Pada logam mulia lainnya, perak berjangka bertambah 0,1% do Comex. PT Equityworld Platinum berjangka naik di New York Mercantile Exchange, sementara paladium turun.

 

 

Sumber: Bloomberg