PT. EQUITYWORLD FUTURES – Emas menguat pada hari Senin, mencoba untuk sesi kemenangan keempat berturut-turut, dan platinum, tembaga serta perak juga menguat, menemukan daya tarik setelah komentar dari pimpinan China pada akhir pekan mengenai dorongan dalam proyek infrastruktur dan Korea Utara lebih banyak menunjukkan kekuatan nuklir.

Pembacaan yang lebih lemah dari perkiraan untuk Indeks manufaktur regional AS memberikan perkiraan emas mendapat dorongan tambahan karena data tersebut ditambahkan ke laporan terbaru lainnya yang menunjukkan beberapa kerentanan ekonomi.

EQUITYWORLD FUTURES Emas untuk pengiriman bulan Juni naik sebesar $ 8,30, atau 0,7% menjadi $ 1,236.10 per ons. Hasil akhir pada level ini akan menandai yang tertinggi untuk logam kuning dalam hampir dua minggu terakhir.

Emas berakhir kurang dari 0,1% lebih tinggi pada pekan lalu setelah membukukan kerugian selama dua minggu sebelumnya ketika investor didorong masuk ke aset berisiko dari haven gold. Namun, kenaikan untuk hari ketiga berturut-turut pada Jumat lalu adalah prestasi terakhir yang dicapai pada pertengahan bulan April.

Emas sebagian besar didukung karena indeks dolar AS, yang mengukur nilai greenback versus euro,  Equityworld Futures yen dan empat mata uang utama lainnya, turun 0,2%. Indeks dolar AS sekitar 0,7% pada minggu lalu.

Perkembangan kebijakan global dalam pergerakan setelah Presiden China Xi Jinping mengatakan akan ada sekitar $ 100 miliar pembiayaan baru untuk mendukung inisiatif “One Belt, One Road”. Rencananya adalah upaya China untuk menghubungkan daerah melalui proyek infrastruktur dan menyusun kembali dirinya sebagai pelindung globalisasi.

Sumber: MarketWatch