PT. EQUITYWORLD FUTURES – Minyak naik ke level tertinggi dalam sebulan terakhir karena Arab Saudi mengatakan semua produsen yang berpartisipasi dalam pengurangan produksi sepakat untuk memperpanjang perjanjiannya sampai kuartal pertama 2018.

Kontrak menguat sebanyak 1,5 persen di New York setelah meningkat 5,2 persen pada pekan lalu. Menghentikan pengurangan yang akan membantu produsen mencapai target mereka untuk memangkas stok di negara maju dengan rata-rata lima tahun, kata Menteri Energi Arab Saudi Khalid Al-Falih pada hari Minggu. Durasi perpanjangan yang tepat akan dibahas di Wina pada 25 Mei mendatang, Sekjen OPEC Mohammad Barkindo mengatakan.

EQUITY WORLD Harga minyak telah melonjak seiring dengan Arab Saudi dan anggota non-OPEC yang didukung oleh Rusia untuk memperpanjang kesepakatan hingga sembilan bulan untuk menekan output oleh Organisasi Negara-negara Pengekspor Minyak dan sekutu-sekutunya.

Tidak semua peserta sepenuhnya memenuhi proposal tersebut, dengan Irak yang mendukung pemotongan hingga enam bulan lagi, menurut Falah Al-Amri, ketua Organisasi Pemasaran Minyak Negara tersebut.

Minyak mentah West Texas Intermediate (WTI) untuk pengiriman Juni, yang berakhir hari Senin, naik sebanyak 73 sen ke level $ 51,06 per barel di New York Mercantile Exchange. Total volume yang diperdagangkan sekitar 2 persen di atas rata-rata 100 hari. Kontrak teraktif untuk bulan Juli menguat 71 sen ke level $ 51,38 pada pukul 1:32 siang waktu London.

Brent untuk pengiriman Juli naik sebanyak 76 sen atau 1,4 persen, Equityworld ke level $ 54,37 per barel di ICE Futures Europe exchange yang berbasis di London. Harga melonjak sebesar 5,5 persen pada pekan lalu. Minyak mentah acuan global diperdagangkan pada premium $ 2,93 sampai Juli untuk minyak WTI.

Sumber : Bloomberg