PT. EQUITYWORLD FUTURES – Minyak sedikit berubah di dekat level satu bulan tertinggi karena para pedagang mempertimbangkan prospek OPEC untuk memperpanjang pengurangan produksi melawan kelompok tersebut sejauh ini untuk mengurangi stok yang berlebihan.

Kontrak turun 0,1 persen di New York setelah melonjak sebesar 4,3 persen pada empat sesi sebelumnya. Irak mendukung perpanjangan pengurangan produksi hingga 2018, menambah dukungan untuk proposal Saudi-Rusia. Di AS, persediaan minyak mentah mungkin menurun sebanyak 2 juta barel pekan lalu, menurut survei Bloomberg sebelum data pemerintah hari Rabu, sementara Gedung Putih menggariskan rencana untuk menjual stok minyak yang strategis.

EQUITYWORLD FUTURES Harga minyak kembali bergerak naik di atas $ 50 per barel pada akhir pekan lalu seiring Arab Saudi dan anggota non-OPEC Rusia mengumpulkan dukungan untuk perpanjangan sampai sembilan bulan untuk kesepakatan pemutusan hubungan kerja yang disepakati oleh Organisasi Negara-negara Pengekspor Minyak dan sekutunya pada tahun lalu.

Para menteri akan berkumpul di Wina pada hari Kamis untuk memutuskan perpanjangan pemangkasan produksi pada suatu waktu ketika Nigeria dan Libya memulihkan output, Irak merencanakan proyek produksi baru dan pengebor AS yang terus menambahkan jumlah rig mereka.

Minyak mentah West Texas Intermediate (WTI) untuk pengiriman Juli turun 5 sen ke level $ 51,08 per barel di New York Mercantile Exchange pada pukul 08:38 pagi waktu setempat. Total volume yang diperdagangkan sekitar 19 persen di atas rata-rata 100 hari. Kontrak untuk bulan Juni yang berakhir hari Senin setelah menguat 0,8 persen ke level $ 50,73.

Brent untuk pengiriman Juli melemah 2 sen ke level $ 53,85 per barel di ICE Futures Europe exchange yang berbasis di London, dan diperdagangkan dengan harga premium $ 2,72 untuk WTI. Equityworld Futures Harga minyak mentah global menguat 26 sen atau 0,5 persen, ke level $ 53,87 pada hari Senin.

Sumber : Bloomberg