PT. EQUITYWORLD FUTURES – Meningkatnya ekspektasi kenaikan suku bunga AS menekan harga emas pada hari Rabu, sementara harga tembaga merosot setelah rating kredit China diturunkan oleh Moody untuk pertama kalinya dalam hampir 30 tahun terakhir.

Emas untuk pengiriman Juni turun sebanyak $ 3,30 atau 0,3 %, ke level $ 1,252 per ons. Harga emas merosot $ 5,90 untuk menetap di level $ 1,255.50 per ons pada hari Selasa. Sedangkan perak untuk pengiriman Juli melemah 10 sen atau 0,6 %, ke level $ 17,04 per ons.

PT. EQUITYWORLD Analis dari Commerzbank mencatat bahwa emas pada satu titik hari Rabu, tergelincir di bawah $ 1.250 per ons, yang menghubungkannya dengan fakta bahwa probabilitas kenaikan suku bunga The Fed pada bulan Juni berada di area 80 %.

Pasar keuangan saat ini berada pada kisaran 83 % dari tingkat suku bunga di bulan Juni, menurut CME Fed Watch.

Suku bunga yang lebih tinggi dapat meningkatkan mata uang dolar dan permintaan untuk komoditas yang berdenominasi dolar. Kenaikan suku bunga juga membuat berkurangnya daya tarik emas daripada aset imbal hasil. Dolar ICE AS mendatar di level 97,348 pada hari Rabu. Saham berjangka AS menunjukkan pada kenaikan yang moderat untuk Wall Street, PT Equityworld dan banyak perhatian terjadi pada tanggal yang sama untuk 2 rilis publik dari pertemuan Fed terbaru.

Sumber : Market Watch