PT. EQUITYWORLD FUTURES – Minyak menuju penurunan mingguan ketiga pada kekhawatiran kenaikan stok dari AS sampai Nigeria akan mengurangi upaya pembatasan output OPEC, dengan posisi minyak mentah berada mendekati level sebelum kelompok tersebut menyetujui pemotongan tersebut dalam upaya menopang harga.

Futures sedikit berubah di New York, jatuh 4,5 persen minggu ini. Data AS yang dirilis Rabu menunjukkan stok minyak dan bahan bakar naik, berlawanan dengan ekspektasi penurunan lebih lanjut.

PT. EQUITYWORLD Output minyak mentah Amerika juga terlihat melonjak ke rekor pada 2018 menjadi di atas 10 juta barel per hari. Di Nigeria, Royal Dutch Shell Plc mencabut pembatasan ekspor untuk kelas kunci yang dihentikan lebih dari satu tahun.

West Texas Intermediate untuk pengiriman Juli berada di level $ 45,54 per barel di New York Mercantile Exchange, turun 10 sen, pada pukul 2.42 siang waktu Hong Kong. Total volume yang diperdagangkan yakni sekitar 12 persen di atas rata-rata 100 hari. Harga turun 8 sen untuk ditutup di level $ 45,64 pada hari Kamis, yang merupakan level terendah sejak 4 Mei.

Brent untuk pengiriman Agustus turun 10 sen ke level $ 47,76 per barel di ICE Futures Europe exchange yang berbasis di London. Harga turun 4,4 persen minggu ini. PT Equityworld Minyak mentah acuan global ini diperdagangkan pada premium $ 1,97 untuk WTI Agustus.

Sumber: Bloomberg