PT. EQUITYWORLD FUTURES – Dolar AS bertahan sekitar level terendah dalam hampir 14 bulan terhadap euro pada hari Kamis seiring ekspektasi meningkatnya kebijakan moneter yang lebih hawkish di Eropa dan Kanada serta pada skeptisnya pasar pada kenaikan suku bunga Federal Reserve tahun ini.

Euro naik ke $ 1,1434, yang merupakan posisi tertinggi sejak 11 Mei 2016, dengan upaya dari sumber-sumber Bank Sentral Eropa pada hari Rabu untuk memoderatori pesan dari pidato Presiden Mario Draghi sebagian besar kurang dihiraukan.

EQUITYWORLD FUTURES Pidato tersebut meyakinkan pasar bahwa bank sentral bersiap untuk mulai menarik stimulus daruratnya sendiri dalam ekonomi zona euro akhir tahun ini.

Sementara itu, komentar dari Gubernur Bank of England Mark Carney dan dua pembuat kebijakan utama Bank Sentral Kanada pada hari Rabu menaikkan harapan kenaikan suku bunga dari bank sentral tersebut.

Euro terakhir berada 0,4 persen lebih tinggi terhadap dolar di level $ 1,1424. Indeks dolar, Equityworld Futures yang mengukur greenback terhadap sekeranjang enam saingan utama, turun 0,3 persen menjadi 95,727 setelah menyentuh titik terendah sembilan bulan di level 95,685.

Dolar AS menjejaki level tertinggi lebih dari satu bulan di level 112,92 yen sebelum mundur dari level tersebut untuk hanya diperdagangkan 0,1 persen lebih tinggi terhadap mata uang Jepang itu di level 112,37.

 

Sumber: Reuters