PT. EQUITYWORLD FUTURES – Minyak menuju kenaikan mingguan seiring permintaan 2017 terlihat tumbuh lebih banyak dari perkiraan sebelumnya, dan stok AS menurun. Harga masih kurang $ 1 lebih tinggi dari pada saat OPEC sepakat untuk mengekang output akhir tahun lalu.

Futures sedikit berubah di New York, naik 3,8 persen dalam sepekan. Namun, minyak tetap berada di pasar beruang seiring kekhawatiran meningkatnya pasokan global akan mengimbangi pengurangan oleh OPEC dan mitranya. Output OPEC tersebut naik bulan lalu ke level tertinggi tahun ini seiring anggotanya yang dibebaskan dari kesepakatan – Nigeria dan Libya – memompa lebih banyak dan yang lainnya mengurangi jumlah pemotongan keluaran yang mereka sepakati.

EQUITYWORLD FUTURES Nigeria minggu ini mengisyaratkan kesediaannya untuk menutup produksinya di saat produksinya mencapai 1,8 juta barel per hari.

West Texas Intermediate untuk pengiriman Agustus berada di level $ 45,91 per barel di New York Mercantile Exchange pada pukul 3:11 sore waktu Singapura. Futures ditutup di level $ 45,23 pada 29 November, sehari sebelum OPEC berjanji untuk mengekang output mulai dari bulan Januari. Total volume yang diperdagangkan sekitar 35 persen di bawah rata-rata 100 hari. Harga naik untuk sesi keempat pada hari Kamis.

Brent untuk pengiriman September turun 15 sen ke level $ 48,27 per barel di ICE Futures Europe exchange yang berbasis di London. Harga naik 3,4 persen minggu ini. Equityworld Futures Minyak acuan global ini diperdagangkan pada premium $ 2,16 untuk WTI September.

 

Sumber: Bloomberg