PT. EQUITYWORLD FUTURES – Harga minyak mentah AS berada di jalur untuk mencatatkan penurunan bulanan tercuram dalam lebih dari satu tahun pada hari Kamis seiring kekhawatiran mengenai turunnya permintaan di negara konsumen minyak teratas dunia ini setelah badai Harvey memaksa tutup hampir seperempat kilang negara tersebut.

Namun di pasar, harga produk minyak reli, dengan harga bensin AS menyentuh level tertinggi dua tahun di atas $ 2 per galon, didukung oleh kekhawatiran kekurangan bahan bakar dalam beberapa hari menjelang akhir pekan Hari Buruh yang biasanya akan diikuti dengan lonjakan dalam penggunaan kendaraan.

EQUITYWORLD FUTURES Harvey, yang membawa banjir bandang ke pusat minyak AS di Texas dan membunuh setidaknya 35 orang, telah menahan setidaknya 4,4 juta barel per hari (bpd) dari kapasitas penyulingan, menurut laporan perusahaan dan perkiraan Reuters.

Sistem transportasi bahan bakar terbesar di negara itu, the Colonial Pipeline, juga mengatakan akan menutup jalur diesel, bensin jet dan bensin utamanya karena terputusnya pasokan.

Pasar minyak mentah masih lemah setelah mengalami penurunan tajam pada sesi sebelumnya. Penutupan kilang di AS begitu banyak telah mengakibatkan kemerosotan permintaan akan bahan baku terpenting untuk industri perminyakan.

Minyak mentah berjangka AS West Texas Intermediate (WTI) bersiap untuk menutup bulan ini dengan penurunan 8 persen, yang merupakan penurunan bulanan terbesar mereka sejak Juli 2016. WTI diperdagangkan di level $ 46,09 per barel pada pukul 12:01 siang waktu GMT, naik 13 sen pada hari ini, setelah jatuh lebih dari 1 persen pada hari Rabu

Minyak acuan internasional Brent crude berada di level $ 51,22, naik 36 sen dari sesi sebelumnya, Equityworld Futures saat minyak ini turun lebih dari 2 persen.

 

Sumber: Reuters