PT. EQUITYWORLD FUTURES – Harga emas melonjak pada hari Selasa ini berada di level tertinggi dalam hampir delapan pekan karena pelambatan pertumbuhan ekonomi yang mempertanyakan apakah Federal Reserve akan memicu kenaikan suku bunga lain di tahun ini.

Emas untuk pengiriman Desember ditutup naik $ 6 atau 0,5% pada $ 1,279.40 per ons, penyelesaian tertinggi sejak 8 Juni. Sementara itu, perak untuk pengiriman September turun 2 sen atau 0,1% untuk menetap di atas $ 16,76 per ons.

EQUITYWORLD FUTURES Emas Agustus di Comex GCQ7, + 0,21% turun US$23,10, atau 1,9%, untuk menetap di US$1.219,20 per ounce. Penyelesaiannya merupakan yang terendah sejak 10 Mei, menurut data FactSet yang melacak kontrak paling aktif.

Harga berakhir pada hari Jumat di US$1,242.30, sehingga turun sekitar 1,1% untuk pekan ini dan 2,6% untuk bulan tersebut.

Namun, untuk enam bulan pertama tahun ini, emas naik hampir 8%, menurut data FactSet yang melacak kontrak paling aktif.

September perak SIU7, + 0,24% bergabung dalam retret emas Senin. Ini turun 53,5 sen atau 3,2% menjadi US$16,092 per ounce – penutupan terendah sejak pekan kedua bulan Mei.

Dolar, yang diukur oleh Indeks Dolar AS A.E., DXY + 0,59% menghabiskan sebagian besar sesi perdagangan hari Senin lebih tinggi terhadap saingan utama, namun hampir datar saat emas berjangka menetap.

Dari tahun ke tahun, indeks turun hampir 6%. Komoditas dengan harga dolar sering diperdagangkan terbalik dengan dolar, karena pergerakan di unit AS dapat mempengaruhi daya tarik komoditas tersebut kepada pemegang mata uang lainnya.

Saham AS, sementara itu, diperdagangkan sebagian besar lebih tinggi, memperpanjang kenaikan setelah sebuah laporan mengenai manufaktur domestik menunjukkan kenaikan di bulan Juni ke tingkat tertinggi sejak tahun 2014.

“Rally di pasar ekuitas sangat menjaga investor menjauh dari emas,” kata Naeem Aslam, analis pasar utama di ThinkMarkets UK, kepada marketwatch.com. “Namun, pada kuartal ketiga, ekuitas biasanya berkinerja buruk dan emas bersinar, jadi setiap kemunduran bisa menjadi peluang di sini.”

Dalam dana yang diperdagangkan di bursa, Equityworld Futures SPD Gold Gold yang fokus emas GLD, turun -1,64% 1,6%, sedangkan Vexex VanEck Gold Miners ETF GDX, -2,72% turun 2,7%. The iShares Silver SLV, -2,61% kehilangan 2,6%.

Sumber: Marketwatch