PT. EQUITYWORLD FUTURES – Dolar AS bergerak stabil terhadap sebagian besar rival utamanya pada hari Senin, namun terus melemah terhadap yen Jepang, seiring investor mengalihkan perhatian mereka pada ketegangan politik, termasuk fokus kembali pada drama di Semenanjung Korea dan menunggu simposium para bankir sentral global di Jackson Hole, Wyo.

Prospek meningkatnya ketegangan militer telah menjadi pendorong utama pembelian aset yang disebut mata uang haven, seperti yen Jepang dan franc Swiss.

PT. EQUITYWORLD Pada hari Senin, AS dan Korea Selatan memulai latihan militer tahunan yang oleh penguasa Korea Utara Kim Jong Un lihat sebagai persiapan untuk melakukan invasi ke negaranya.

Dolar baru-baru ini turun 0,2% terhadap yen ke level ¥ 108,99, dibandingkan dengan 109,16 yen pada Jumat malam di New York. Unit Jepang cenderung menarik tawaran haven selama periode ketidakpastian.

Namun, dolar memperoleh sedikit kekuatan terhadap mata uang yang dianggap sebagai tempat berlindung lain. Dolar AS menguat terhadap franc Swiss untuk dibeli 0,2% lebih tinggi di level 0,9663 franc, dibandingkan dengan 0,9658 akhir Jumat di New York, menyusul kenaikan 0,4% dolar minggu lalu, karena kekhawatiran akan terjadinya perang kembali muncul.

Euro diperdagangkan sedikit berubah di awal sesi di level $ 1,1764, dibandingkan dengan $ 1,1762.

Secara lebih luas, pergerakan dolar AS terlihat relatif teredam. Indeks dolar terhadap setengah lusin mata uang, ICE U.S. Dollar Index bergerak datar di 93. 3980, dibandingkan dengan 93.4060 pada hari Jumat. PT Equityworld Indeks yang lebih luas dolar WSJ yang mengukur greenback terhadap 16 mata uang lainnya, berada 0,1% lebih rendah pada 86,06, dibandingkan 86,11 pada sesi sebelumnya.

 

Sumber: Marketwatch