PT.EQUITYWORLD FUTURES Dolar mencapai level tertinggi sejak pertengahan Juli, seiring turunnya Treasury AS mengirim imbal hasil dengan tenor 10 tahun melewati level kunci dan investor menunggu sejumlah pertemuan bank sentral.Indeks Bloomberg Dollar Spot naik sekitar 0,2 persen, dan dolar menguat terhadap mayoritas 10 pasangannya. Pedagang melihat aliran sederhana sebelum pertemuan Bank of Canada pada hari Rabu dan Bank Sentral Eropa pada hari Kamis, dengan dolar Kanada jatuh ke titik terendah sejak pertengahan Agustus versus greenback. Meskipun kedua bank sentral diperkirakan akan mempertahankan suku bunga tetap stabil, para pedagang akan mencari petunjuk apakah lintasan kebijakan berubah. Laporan bahwa tiga senator Republikan mungkin tidak akan mendukung reformasi pajak melihat kenaikan dolar pada akhir perdagangan.

Greenback menguat untuk hari ketiga, naik tajam versus kiwi, pound dan Swiss franc. Dolar juga menguat vs mayoritas EMFX karena imbal hasil 10 tahun melampaui 2,40%, naik setinggi 2,412%, kenaikan tertinggi sejak pertengahan Mei. Euro lebih tinggi vs semua rekan G-10-nya, meningkatkan kekhawatiran atas kegaduhan politik di Spanyol. EUR/CHF menyentuh level tertinggi sejak SNB melepas level EUR/CHF di 1,2000 pada Januari 2015, melampaui EUR/JPY.

GBP/USD diperdagangkan ~ 1,3134 setelah turun ke level harian terendah di 1,3113, memperpanjang penurunan di bawah 55-DMA di 1,3153. Dukungan mungkin berada pada titik terendah hari Jumat di 1,3088. Pasangan ini belum mencapai 100-DMA, sekarang di 1.3053, sejak awal September.

USD/JPY melemah ke 113,57 terkait pembicaraan pajak vs level tertinggi harian di 114,02. Pasangan ini rebound dari penurunan pada akhir Senin menjadi 113,25 karena spekulan dan pemain jangka pendek lainnya lebih memilih untuk membeli penurunan, menurut para pedagang. USD/JPY mungkin menemukan hambatan teknikal pada level 114,10 pada hari Senin yang terlihat setelah pemilihan Jepang. Order books tetap tipis pada pegangan 114.00, dan USD/JPY mungkin menghadapi resistance lebih lanjut pada level tertinggi pertengahan bulan Juli di 114,49, meskipun stop-loss buy orders dapat terlihat pada break di atas level tersebut, kata para pedagang Senin.

Dolar turun pada hari Selasa seiring perhatian beralih ke siapa yang akan menjadi pimpinan bank sentral ASberikutnya.Presiden AS Donald Trump mengatakan kepada wartawan pada hari Senin bahwa dia “sangat, sangat dekat” untuk menentukan siapa yang harus memimpin Federal Reserve setelah mewawancarai lima kandidat untuk jabatan tersebut.Ini termasuk Ketua Fed saat ini Janet Yellen, yang masa jabatannya berakhir pada bulan Februari, serta Gubernur Fed Jerome Powell, ekonom Stanford University John Taylor, penasihat ekonomi utama Trump Gary Cohn, dan mantan Gubernur Fed Kevin Warsh.

Penunjukan kandidat yang lebih hawkish akan memberi dorongan ke atas untuk dolar.Indeks dolar, yang mengukur mata uangnya terhadap sekeranjang enam saingan utama, turun tipis 0,1 persen menjadi 93,817.Dolar beringsut 0,1 persen lebih rendah ke level 113,36 yen, tergelincir dari level tertinggi tiga bulan di level 114,10 yen yang disentuh setelah pemilihan umum hari Minggu di Jepang.Euro menambahkan 0,1 persen ke level $ 1,1754, dengan investor menunggu pertemuan kebijakan Bank Sentral Eropa pada hari Kamis

Sumber Marketwatch, edit by PT Equityworld Futures Semarang