PT.EQUITYWORLD FUTURES Harga minyak berjangka berakhir lebih rendah pada hari Rabu, setelah berkurangnya pasokan minyak mentah domestik sebanding dengan meningkatnya persediaan bensin yang tak terduga.Minyak mentah West Texas Intermediate (WTI) untuk pengiriman Januari di New York Mercantile Exchange turun $ 1,66 atau 2,9 %, ditutup pada level $ 55,96 per barel.

Administrasi Informasi Energi A.S. pada Rabu pagi melaporkan bahwa pasokan minyak mentah dalam negeri turun 5,6 juta barel pekan lalu, melebihi perkiraan penurunan 4,1 juta barel dari analis yang disurvei oleh S & P Global Platts. Namun stok bensin meningkat 6,8 juta barel versus proyeksi kenaikan 2,7 juta barel.

Data dari Administrasi Informasi Energi AS hari Rabu menunjukkan bahwa stok minyak mentah dalam negeri turun 5,6 juta barel untuk pekan yang berakhir pada 1 Desember.Angka itu lebih besar dari perkiraan penurunan 4,1 juta barel dari analis yang disurvei oleh S & P Global Platts. American Petroleum Institute pada hari Selasa melaporkan penurunan 5,5 juta barel, menurut sumber.

Stok bensin melonjak 6,8 juta barel untuk minggu ini, sementara stok sulingan naik 1,7 juta barel, menurut EIA.Survei S & P Global Platts memperkirakan kenaikan stok sebesar 2,7 juta barel untuk bensin dan kenaikan 1,5 juta barel untuk sulingan.Minyak mentah Januari turun 75 sen atau 1,3%, ke level $ 56,87 per barel di New York Mercantile Exchange, dibandingkan $ 56,83 sebelum rilis data stok. Bensin Januari turun 2,9 sen atau 1,7% ke level $ 1,689 per galon

Pound jatuh untuk hari kedua terhadap dolar, sementara obligasi pemerintah Inggris naik seiring Perdana Menteri Theresa May dilaporkan menghadapi pemberontakan dari semua pihak di pemerintahan beberapa hari sebelum pertemuan kunci dengan Uni Eropa.

Pound jatuh 0,6 persen ke level $ 1,3364 pada pukul 11:58 pagi di London, setelah menyentuh level $ 1.3358, yang merupakan level terendah sejak 29 November. Mata uang ini melemah 0,5 persen ke level 88,38 pence per euro. Yield gilt acuan 10 tahun turun dua basis poin menjadi 1,24 persen.Sterling memperpanjang penurunan untuk menyentuh tingkat terendah dalam seminggu setelah editor politik surat kabar Sun mengatakan di Twitter bahwa seorang sumber dari partai Irlandia Utara yang mendukung pemerintah May mengatakan kepadanya bahwa tidak akan ada kesepakatan Brexit minggu ini. Perdana Menteri juga menghadapi tentangan dari menterinya sendiri atas rencananya untuk mematuhi peraturan Inggris sesuai dengan ketentuan UE pasca Brexit, hanya beberapa hari dari pertemuan kunci untuk membuat pembicaraan kembali ke jalur semula

Harga emas sedikit tinggi di awal perdagangan AS hari Rabu, sebagian diimbangi oleh kurangnya risk appetite di pasar pada pertengahan pekan.Pasar ekuitas dunia melihat tekanan jual semalam, yang dipimpin oleh saham Asia, di tengah kekhawatiran tentang prospek pertumbuhan ekonomi Cina. Penurunan tajam harga tembaga pekan ini juga membuat pedagang pasar modal sedikit ketakutan.

Emas Comex Februari terakhir naik $ 2,90 per ounce ke level $ 1,267.90. Perak Maret Comex menguat $ 0,017 ke level $ 16,09 per ounce.Laporan ketenagakerjaan ADP AS untuk bulan November yang baru saja dirilis menunjukkan adanya kenaikan 190.000 pekerjaan, sejalan dengan ekspektasi pasar namun tidak terlalu menggerakkan pasar. Laporan ekonomi AS yang menjadi sorotan di pasar minggu ini akan menjadi laporan pekerjaan AS pada bulan November pagi dari Departemen Tenaga Kerja. Angka kunci dari data payroll non-farm diperkirakan naik 195.000

Emas stabil di dekat level terendah dalam 2 bulan seiring investor mempertimbangkan dampak dari RUU pajak AS dan jalur pengetatan Federal Reserve mulai menjadi fokus, dengan ekuitas yang bergerak lebih lemah memberikan dukungan.Bullion untuk pengiriman segera menguat 0,2% ke level $ 1,267.94 / oz di London. Logam menyentuh level $ 1,261.04 pada hari Selasa, level terendah sejak 6 Oktober. Indeks Spot Bloomberg Dollar datar setelah ditutup di level tertinggi 2 minggu pada hari Selasa

House and Senate akan mulai memberikan perombakan perundang-undangan perpajakan terkait pemotongan pajak perusahaan dan individu ke presiden Donald Trump pada akhir tahun.Laporan pekerjaan dari Departemen Tenaga Kerja pada hari Jumat akan menjelaskan keadaan ekonomi AS dan prospek suku bunga.Pejabat Fed secara luas memperkirakan kenaikan suku bunga AS pada pertemuan 12-13 Desember, yang merupakan kenaikan ke-3 tahun ini.

Logam mulia lainnya, perak bertambah 0,2% ke level $ 16,1404 / oz setelah menyentuh level $ 16.0293 sebelumnya, yang merupakan level terendah sejak Juli. Platinum turun 0,3% ke level $ 913.60 / oz sementara paladium naik 0,8% ke level $ 994.30 / oz.

Sumber Marketwatch, edit by PT Equityworld Futures Semarang