PT. EQUITYWORLD FUTURES – Emas berjangka kembali mengalami rebound kecil pada hari Selasa ini, sehari setelah menurun tajam satu hari dalam lima pekan, seiring tertekannya permintaan aset haven menjelang kejelasan hasil pemilu AS.

Pada Selasa pagi, emas untuk pengiriman Desember naik $ 3,60, atau 0,3%, menjadi $ 1,282.70 per ounce. Emas ditutup Senin turun 1,9% pada level $ 1,279.40 per ons, penyelesaian terendah sejak 27 Oktober dan penurunan persentase satu sesi terbesar sejak 4 Oktober, menurut data FactSet.

Sementara itu, perak Desember naik 10 sen, atau 0,6%, ke level $ 18,25 per ons Selasa pagi, membalikan penurunan pada Senin. Perak naik lebih dari 3% pekan lalu.

Di antara dana yang diperdagangkan di bursa, SPDR Gold Trust diperdagangkan sedikit bergerak di premarket dan VanEck Vektor Gold Miners ETF naik 0,1%.

Harga emas sedikit berubah setelah menyentuh posisi rendah dalam dua minggu pada Jumat pekan lalu. Ini karena investor tetap berhati-hati jelang pertemuan Bank Sentral Jepang dan Amerika Serikat pada pekan ini.

EQUITYWORLD FUTURES Melansir laman Reuters, Selasa (20/9/2016), harga emas stabil di US$ 1.310,06 per ounce. Namun Logam kuning ini turun 0,3 persen menjadi US$ 1.306,26 pada Jumat, terendah sejak 1 September.

Sedangkan emas berjangka naik 0,3 persen menjadi $ 1,313.50 per ons.

Indeks dolar, yang mengukur greenback terhadap sekeranjang enam mata uang utama, turun 0,1 persen ke 95,998.

Adapun harga konsumen AS naik lebih dari yang diharapkan pada bulan Agustus dipicu biaya kesehatan yang mencatat keuntungan terbesar mereka dalam 32 1/2 tahun.

Ini menunjukkan membaiknya inflasi yang bisa memungkinkan Federal Reserve untuk menaikkan suku bunga tahun ini.

Di sisi lain, imbal hasil Treasury AS naik pada hari Jumat setelah data menunjukkan bahwaharga konsumen AS meningkat lebih dari yang diharapkan pada bulan Agustus. Ini jugameningkatkan kemungkinan bahwa Federal Reserve akan menaikkan suku di tahun ini.

Investor terus menanti rencana pertemuan Komite Federal Reserve pada 20-21 September, Equity world Futures dengan Gubernur The Fed Janet Yellen akan mengadakan konferensi pers pada hari Rabu.

The Bank of Japan juga rencananya akan bertemu pada Rabu dan diharapkan untuk mengambil kebijakan pelonggaran moneter, meskipun laporan yang bertentanganmenciptakan banyak ketidakpastian.

Sumber: MarketWatch