PT.EQUITYWORLD FUTURES Minyak AS berada di level terkuat dalam lima bulan terhadap minyak mentah acuan global Brent menyusul melemahnya dolar dan penurunan stok minyak AS.MInyak berjangka di New York naik 0,3 persen sementara berjangka di London tergelincir 0,1 persen, dengan West Texas Intermediate berada pada diskon terkecil untuk Brent sejak Agustus. Perbedaan tersebut muncul di tengah kekhawatiran bahwa lonjakan WTI – yang dipicu oleh penurunan mingguan berturut-turut dalam stok Amerika dan dolar hijau yang merosot – akan mendorong produksi lebih tinggi. Anjungan pengeboran minyak mentah di AS telah naik ke jumlah tertinggi sejak September.

West Texas Intermediate untuk pengiriman Maret bertambah 22 sen ke level $ 66,36 per barel di New York Mercantile Exchange pada pukul 2:17 siang waktu Tokyo. WTI naik $ 2,77 minggu lalu untuk ditutup di level $ 66,14. Total volume yang diperdagangkan sekitar 61 persen di atas rata-rata 100 hari.

Brent untuk pengiriman Maret turun 7 sen ke level $ 70,45 per barel di bursa ICE Futures Europe yang berbasis di London. Harga naik 2,8 persen pekan lalu. Minyak mentah acuan global ini diperdagangkan pada premium $ 4,09 untuk WTI. Harga minyak berjangka berakhir lebih rendah pada hari Senin, dengan indeks acuan AS merosot kembali dari level tertinggi lebih dari tiga tahun terakhir karena peningkatan jumlah pengeboran rig untuk minyak AS memberi harapan untuk terus meningkat pada produksi dalam negeri.

Sementara itu, harga gas alam melihat perdagangan yang bergejolak, dengan kontrak berjangka untuk bulan Februari menetap lebih tinggi tepat menjelang akhir masa berlakunya.Di New York Mercantile Exchange, minyak mentah West Texas Intermediate (WTI) turun 58 sen atau 0,9 % ke level US $ 65,56 per barel. Harga menetap pada hari Jumat di level tertingginya sejak Desember 2014 lalu. Minyak mentah Brent acuan global, melemah $ 1,06 atau 1,5 % ke level $ 69,46 per barel di bursa ICE Futures Europe

Harga emas turun untuk sesi kedua berturut-turut pada hari Senin, karena kekuatan dolar AS membantu mengirim logam tersebut ke level terendahnya dalam hampir satu minggu.Investor menunggu hasil pertemuan dua hari kebijakan moneter Federal Reserve, yang ditutup pada hari Rabu, dan data tenaga kerja bulanan AS pada hari Jumat untuk membantu mengukur prospek permintaan logam mulia tersebut. Emas Februari turun $ 11,80, atau 0,9%, untuk berakhir di $ 1,340.30 per ons

Minyak AS tergelincir di bawah $ 66 per barel, terhambat oleh kenaikan tajam dalam jumlah rig minyak sejak Maret dan penguatan dolar.West Texas Intermediate futures di New York turun 0,7% sementara Brent di London tergelincir 1%, sebelumnya mempersempit jarak tingkat menjadi hanya $ 3,99 per barel, yang terkecil dalam lima bulan terakhir. Jumlah rig pengeboran minyak mentah di AS naik ke level tertinggi sejak September. Menteri minyak Iran mengatakan dia melihat $ 60 sebagai harga “baik” untuk minyak mentah.

Minyak WTI untuk pengiriman Maret turun 46 sen menjadi $ 65,68 per barel di New York Mercantile Exchange pukul 12:57 malam. di London. Indeks acuan minyak AS naik $ 2,77 pekan lalu menjadi ditutup pada level $ 66,14. Total volume yang diperdagangkan sekitar 41% di atas rata-rata 100 hari.

Brent untuk pengiriman Maret turun 77 sen menjadi $ 69,75 per barel di ICE Futures Europe exchange yang berbasis di London. Harga naik 2,8% pekan lalu Nada yang lebih lemah di sekitar British Pound membantu EUR/GBP untuk meraih titik tertinggi harian baru di dekat 0,8800 di awal minggu ini.

EUR/GBP menemukan support dibawah 0,8700 Pasangan silang Eropa ini telah mendapatkan daya tarik naik lebih lanjut pada hari Senin menyusul bias penjualan terus-menerus di sekitar Sterling, dan pada saat bersamaan juga rebound dari posisi terendah 7 bulan terakhir di sekitar 0,8690.

Pasangan silang tersebut diperkirakan akan tetap berada di bawah tekanan hari ini karena para menteri EU27 akan bertemu di hari ini untuk menetapkan arahan perundingan Brexit yang akan datang.Di sisi data, pidato dari S. Lautenschlaeger dan B. Coeure dari ECB akan terjadi di kawasan Euro, sementara IMPManufaktur bulan Januari adalah data relevan berikutnya dari Inggris (Kamis).

Tingkat kunci EUR/GBPPasangan silang ini sekarang naik 0,17% ke 0,8797, menghadapi penghalang berikutnya di 0,8833 (SMA 21 hari) yang diikuti oleh 0,8848 (SMA 200 hari) dan kemudian 0,8941 (tertinggi 2 Nov). Di sisi lain, terobosan di 0,8687 (terendah 25 Jan) akan mengekspos 0,8646 (terendah 8 Jun) dan akhirnya 0,8380 (terendah 10 Mei).

 

Sumber Marketwatch, edit by PT Equityworld Futures Semarang