PT.EQUITYWORLD FUTURES Harga minyak AS naik pada hari Jumat, menghentikan penurunan tiga harinya dan mengambil nafas setelah jatuh tajam minggu ini di mana minyak menghapuskan kenaikan baru-baru ini pada harapan kelebihan stok minyak mentah dunia akan segera berakhir.Minyak mentah West Texas Intermediate (WTI) AS naik 25 sen atau 0,4 persen ke level $ 61,24 pada pukul 00:56 GMT. Pada hari Kamis WTI jatuh 1,1 persen untuk menyentuh level terendah dua minggu di level $ 60,18.

Minyak acuan global Brent belum melakukan perdagangan, setelah sebelumnya menetap turun 1,4 persen pada hari Kamis di level $ 63,83 per barel, juga merupakan level terendah dua minggu.WTI berada di jalur untuk penurunan 3,6 persen minggu ini, penurunan mingguan pertama dalam tiga minggu terakhir, telah memberikan sebagian dari kenaikan beberapa pekan terakhirnya di saat sentimen terangkat oleh penurunan stok di titik pengiriman Cushing untuk WTI.

Stok terus turun di Cushing di Oklahoma, dengan stok turun 1,2 juta barel, turun untuk 10 minggu berturut-turut, Administrasi Informasi Energi mengatakan pekan ini Harga minyak ditutup lebih rendah pada hari Kamis, dengan minyak mentah AS berada pada level terendahnya hanya dalam waktu dua minggu, sehari setelah pemerintah AS melaporkan kenaikan mingguan pada stok minyak mentah dan bensin AS dan mencatat produksi domestik mingguan.

Minyak mentah WTI untuk pengiriman bulan April turun 65 sen atau 1,1 %, untuk menetap di level $ 60,99 per barel di New York Mercantile Exchange, penutupan harga di level terendahnya sejak 14 Februari lalu. Harga emas berada di level terendahnya tahun ini pada hari Kamis, setelah mencatat kerugian bulanan pertama sejak Oktober lalu, tertekan oleh indeks acuan dolar AS yang bertahan di level enam minggu tertinggi.

Pada hari kedua kesaksiannya di Capitol Hill, Ketua Federal Reserve Jerome Powell membuat peringatan tentang inflasi, mencatat bahwa penguatan pasar tenaga kerja dapat terjadi tanpa inflasi.Pada hari Kamis, emas untuk pengiriman bulan April turun $ 12,70, atau 1%, untuk menetap di level $ 1,305.20 per ons “ penutupan harga di level terendahnya sejak 28 Desember lalu, menurut data FactSet.

Dolar AS menguat terhadap rival utamanya pada hari Kamis di tengah babak kedua kesaksian di depan Komite Perbankan Senat untuk Ketua Federal Reserve Jerome Powell yang baru dirilis.Indeks Dollar AS ICE naik 0,2% pada level 90,817, setelah mencapai level tertingginya sejak pertengahan Januari lalu. Indeks tersebut menguat 1,7% pada bulan lalu, menandai bulan positif pertama greenback sejak Oktober dan kinerja bulanan terbaik sejak Februari tahun lalu.

Indeks WSJ A.S. Dollar yang lebih luas naik 0,2% pada level 84,36.Euro menguat di level $ 1,2184, dari level sebelumnya $ 1,2194 pada akhir Rabu di New York.Pound diperdagangkan dalam kisaran yang relatif ketat pada hari Kamis, sempat membalik ke wilayah positif sebelum kembali menuju kerugian moderat di level $ 1,3729, turun dari $ 1,3761.Dolar juga sedikit menguat terhadap yen yang diperdagangkan ¥ 107,03, dibandingkan dengan sebelumnya ¥ 106,67 pada hari Rabu.

Terhadap dolar Kanada, dolar naik menjadi C $ 1.2845, naik dari C $ 1.2832 pada akhir Rabu.Pada hari kedua kesaksian kongresnya, Powell telah membuat peringatan tentang inflasi, dengan mengatakan bahwa ada sedikit kelemahan di pasar tenaga kerja AS dan bahwa peningkatan inflasi upah yang tidak akan mengakibatkan kenaikan inflasi harga konsumen. Hal ini menyebabkan dolar untuk secara singkat mengurangi beberapa keuntungannya

Harga emas memperdalam penurunannya pada hari Kamis setelah logam tersebut mencatat kerugian bulanan pertama sejak Oktober karena dolar melayang pada level tertingginya enam minggu.Perhatian tetap pada kembalinya Ketua Federal Reserve Jerome Powell ke Capitol Hill, di mana dia dapat kembali melanjutkan komentar awal pekan ini yang memicu penurunan saham dan kenaikan dolar karena ekspektasi bank sentral bisa lebih agresif dengan kenaikan suku bunga.

Emas April diperdagangkan turun $ 11,40, atau 0,9% menjadi $ 1,306.30 per ons. Penutupan pada level ini akan menandai level terendahnya untuk 2018. Harga turun sekitar 1,8% untuk bulan Februari.Mei perak turun 16 sen atau 1% menjadi $ 16,240 per ons, dengan kontrak kehilangan lebih dari 5% untuk bulan lalu. IShares Silver Trust yang diperdagangkan dengan perak jatuh 0,8% pada premarket dan he SPDR Gold Shares diperdagangkan turun 0,9%

Sumber Marketwatch, edit by PT Equityworld Futures Semarang