PT.EQUITYWORLD FUTURES Minyak menghentikan kenaikannya setelah International Energy Agency menyatakan  mungkin akan menaikkan perkiraan produksi AS jika minyak mentah tetap di atas $ 60 dan karena para analis memprediksi kenaikan stok Amerika.West Texas Intermediate untuk April sedikit berubah pada $ 62,62 per barel di New York Mercantile Exchange pukul 9:21 pagi waktu Tokyo. Kontrak naik $ 1,32 untuk menetap di $ 62,57 pada hari Senin, lompatan terbesar sejak 14 Februari.

Brent untuk pengiriman Mei naik $ 1,17 untuk menutup sesi di $ 65,54 per barel di ICE Futures Europe Exchange yang berbasis di London pada hari Senin. Patokan global menutup sesi ini dengan premi $ 3,15 untuk WTI AUD/USD telah melonjak dan turun di sekitar data penjualan ritel menjelang pertemuan RBA hari ini di 03:30 GMT. Saat ini, AUD/USD diperdagangkan di 0,7777, naik 0,15% pada hari ini, setelah mencatat kenaikan harian di 0,7786 dan rendah di 0,7761.Penjualan Ritel Australia untuk Januari tiba di naik 0,1% m/m (vs yang diperkirakan naik 0,4% m/m). Sementara itu, semalam, AUD/USD tertekan oleh komoditas yang lebih rendah dan turun ke 0,7726 sebelum rebound ke 0,7760 dan mengakhiri sesi Amerika dalam pergerakan datar.

Rebound penjualan ritel Australia Januari lebih lemah dari yang diperkirakan Defisit neraca berjalan Australia melebar ke AUD $ 14 Milyar di kuartal keempat Fokus sekarang akan beralih ke RBA nanti di mana bank diperkirakan akan bertahan di 1,5%. Pedagang akan melihat pernyataan untuk katalis sebagai gantinya. Kemudian, para pedagang akan mengalihkan perhatian pada PDB Kuartal 4 di mana pertumbuhan diperkirakan akan turun menjadi 0,5% qoq karena hambatan dari investasi hunian dan volume ekspor yang lemah yang ditahan oleh gangguan sementara terhadap ekspor batubara, seperti yang dijelaskan oleh para analis di Nomura, “Kami melihat beberapa risiko penurunan perkiraan ini”.

Harga minyak berakhir lebih tinggi pada hari Senin, terangkat karena laporan penurunan mingguan pada stok minyak mentah yang cukup besar di pusat penyimpanan minyak AS di Cushing, Okla. Pedagang juga mempertimbangkan sebuah laporan dari Badan Energi Internasional, yang memperkirakan pertumbuhan lebih lanjut pada produksi minyak mentah AS, namun juga menekankan perlunya investasi lebih banyak di pasar untuk menghindari kekurangan pasokan setelah tahun 2020.

Minyak mentah WTI untuk pengiriman bulan April naik $ 1,32, atau 2,2%, untuk menetap di level $ 62,57 per barel di New York Mercantile Exchange. Itu adalah penguatan satu hari untuk mata uang dolar dan persentase terbesar sejak 14 Februari lalu, menurut data FactSet Emas berjangka berakhir dengan kerugian pada hari Senin setelah kenaikan 1,4% pada sesi sebelumnya.

Penguatan dalam mata uang dolar dan kenaikan di pasar saham AS dapat menekan harga, mengimbangi dukungan aset haven sebelumnya dari kekhawatiran atas perang dagang potensial.Emas untuk pengiriman bulan April turun $ 3,50, atau 0,3 %, untuk menetap di level $ 1,319.90 per ons.

Harga emas sedikit naik pada hari Senin – tertopang oleh penguatan dari hari Jumat – di tengah meningkatnya sentimen terkait potensi perang dagang potensial.Emas April gain sebanyak $ 1,80, atau 0,1%, menjadi $ 1,325.20 per ons. Kontrak tersebut telah berubah-ubah mengingat harga emas telah berada pada level terendah tahun ini, terakhir pada Kamis lalu, setelah mencatat penurunan bulanan pertama, di bulan Februari, sejak Oktober.

perak untuk mei naik 4 sen atau 0,3% menjadi $ 16,515 per ons. Perak telah menyentuh level terendah dua bulan pada Kamis lalu dalam perjalanannya untuk mencatat penurunan mingguan sebesar 0,3%. IShares Silver Trust SLV yang diperdagangkan perak, naik 0,0% dan saham SPDR Gold Shares GLD -0,06% diperdagangkan naik 0,1% premarket.Indeks Dollar ICE AS naik tipis 0,1% menjadi 90,09, menstabilkan setelah turun dari level tertinggi enam pekan lalu pada prospek yang memperkuat kenaikan suku bunga AS yang berkelanjutan tahun ini sebelum kekhawatiran perdagangan membuat dolar turun lebih rendah.

Mata uang tunggal mengganti kenaikan dengan penurunan vs greenback di awal minggu, EUR/USD berkeliaran di sekitar 1,2300 untuk saat ini. EUR/USD fokus pada Italia dan data Pasangan ini berjuang untuk memperpanjang pergerakan ke utara pada hari Senin, sementara tampaknya telah menemukan resistensi kuat pada puncak baru-baru ini di kawasan 1,2330.

Kemungkinan pemerintahan yang digantung menyusul kemenangan Gerakan 5-Star yang ‘skeptis terhadap euro’ pada pemilihan Italia meredam pemulihan EUR yang terlihat dalam sesi sebelumnya, pada saat yang sama menyakiti sentimen positif setelah pengumuman sebuah pemerintah koalisi besar di Jerman. Menambahkan ketidakjelasan arah pasangan, indeks Sentix – yang mengukur kepercayaan investor terhadap kawasan euro – secara mengejutkan turun pada bulan Maret di 24,0, di bawah perkiraan dan pembacaan bulan Februari. Berita dari komunitas spekulatif melihat EUR melonjak ke posisi puncak 3 minggu selama pekan yang berakhir pada 27 Februari, menurut laporan CFTC terbaru.

Sumber Marketwatch, edit by PT Equityworld Futures Semarang