PT.EQUITYWORLD FUTURES Harga minyak turun lebih dari 2% pada Rabu ini karena kekhawatiran seputar kemungkinan perang perdagangan meningkat dan data menunjukkan rekor mingguan terbaru untuk produksi minyak mentah dalam negeri.Administrasi Informasi Energi pada hari Rabu melaporkan kenaikan mingguan kedua berturut-turut dalam persediaan minyak mentah AS, namun ukuran lonjakan hampir sesuai dengan ekspektasi pasar, dengan menahan kenaikan yang jauh lebih besar yang dilaporkan oleh kelompok perdagangan sehari sebelumnya.

Minyak mentah West Texas Intermediate (WTI) turun $ 1,45, atau 2,3%, untuk menetap di level $ 61,15 per barel di New York Mercantile Exchange. Harga, yang membukukan kenaikan dalam tiga sesi terakhir, awalnya mengurangi kerugian sesaat setelah rilis data persediaan. Minyak mentah Brent untuk pengiriman bulan Mei, minyak acuan global, merosot $ 1,45, atau 2,2% ke level $ 64,34 per barel di bursa ICE Futures Europe Harga emas ditutup lebih rendah pada hari Rabu, memberikan sekitar setengah dari apa yang mereka dapatkan sehari sebelumnya.

Data optimis mengenai pekerjaan sektor swasta AS membantu dolar AS membalikkan kerugian yang didorong oleh berita bahwa Gary Cohn, penasihat ekonomi utama Presiden Donald Trump, akan mengundurkan diri. Harga emas turun lebih jauh lagi dalam perdagangan elektronik dari penutupan harga mereka sesaat setelah peluncuran Beige Book AS, yang menawarkan gambaran aktivitas ekonomi domestik. Di antara temuan laporan tersebut adalah pertumbuhan “sederhana hingga moderat” di seluruh negeri.

Emas untuk pengiriman bulan April berada di level $ 1,326.10 per ons dalam perdagangan elektronik. Harga telah turun $ 7,60, atau 0,6%, untuk menetap di level $ 1,327.60 per ons setelah naik 1,2% pada hari Selasa Harga minyak mengurangi beberapa penurunannya pada Rabu ini setelah EIA melaporkan bahwa pasokan minyak mentah Amerika naik 2,4 juta barel untuk pekan yang berakhir pada 2 Maret.Analis yang disurvei oleh S & P Global Platts memperkirakan kenaikan 2,5 juta barel, sementara American Petroleum Institute pada hari Selasa melaporkan kenaikan 5,7 juta barel, menurut sumber. Stok bensin turun 800.000 barel per minggu, sementara stok distilasi turun 600.000 barel, menurut EIA.

Survei S & P Global Platts memperkirakan pasokan turun 500.000 barel untuk bensin dan 1,6 juta barel untuk sulingan. Minyak mentah April turun 27 sen atau 0,4% menjadi $ 62,33 per barel di New York Mercantile Exchange, naik dari $ 61,85 sebelum rilis data pasokan.Emas diperdagangkan sedikit melemah pada hari Rabu ini, sehingga memberikan dorongan yang tajam menurunkan perdagangan berjangka setelah pengunduran diri sekutu Trump Gary Cohn terkait pandangan mengenai tarif cukai perdagangan.

Pada sesi awal di AS, emas April turun $ 3,40, atau 0,3% menjadi $ 1,331.80 per ons. Penutupan pada hari Selasa di level $ 1,335.20 per ons — itu merupakan penyelesaian tertinggi sejak 16 Februari. Kontrak tersebut telah berubah-ubah dalam beberapa hari terakhir mengingat harga emas telah berada pada level terendah tahun ini pada Kamis lalu dan mencatat penurunan bulanan pertama, pada bulan Februari, sejak Oktober

Sementara pada logam lainnya, perak Mei turun 11 sen atau 0,7% menjadi $ 16,675 per ons. Harga minyak mentah berada di bawah tekanan pada hari Rabu ini, menjelang rilis data pasokan AS yang dapat menunjukkan kenaikan stok, dan karena mengikuti aset berisiko yang dirasakan lebih rendah setelah pengunduran diri ketua penasihat ekonomi Gedung Putih, Gary Cohn.

Minyak mentah April West Texas Intermediate turun 53 sen atau 0,9% menjadi $ 62,07 per barel. Kontrak tersebut telah naik 2,6% selama dua sesi terakhir, mencatat kenaikan ketiga secara berturut-turut pada hari Rabu. Brent untuk Mei, yang merupakan acuan minyak global, turun 62 sen atau 0,9% menjadi $ 65,17 per barel.

Di Nymex, bensin April turun 0,2% menjadi $ 1,929 per galon, sementara minyak pemanas April turun hampir 1% menjadi $ 1,885 per galon.Gas alam April rata pada $ 2,75 per juta British thermal units. Emas naik ke level tertinggi dalam seminggu terakhir terjadi karena kekhawatiran yang berkembang akan terjadi perang perdagangan global saat Gary Cohn mengundurkan diri sebagai penasihat ekonomi utama Presiden Donald Trump, dan investor mempertimbangkan laporan bahwa AS dapat menekan investasi China dan memberlakukan tarif impor pada kisaran yang luas.

Bullion untuk pengiriman naik sebanyak 0,5% ke level $ 1,340.59 / oz, tertinggi sejak 26 Februari, dan pada $ 1,335.51 pada pukul 9:14 pagi waktu Singapura, menurut General Harga Bloomberg ; logam naik 1,1% pada hari selasa.Saham global turun, dengan indeks S & P 500 berjangka  turun 1,2%. Bloomberg Dollar Spot Index sedikit berubah setelah turun 0,4% pada hari selasa. Hasil pada Treasuri 10 Tahun turun 3 bps menjadi 2,85%.Pada logam mulia lainnya: Perak datar pada $ 16.7605 / oz, Platinum  turun 0,2% sampai $ 967,25 / oz, Palladium turun 0,4% sampai $ 983.48 / oz.

Sumber Marketwatch, edit by PT Equityworld Futures Semarang