PT.EQUITYWORLD FUTURES Minyak mempertahankan kenaikan di atas $ 62 per barel setelah penjelajah minyak mentah AS membatasi aktivitas untuk pertama kalinya sejak Januari lalu.Kontrak berjangka di New York sedikit berubah setelah melonjak 3,2 persen pada hari Jumat. Penjelajah tidak berjalan di empat rig minyak di AS, sehingga totalnya menjadi 796, menurut data yang dirilis oleh Baker Hughes pada hari Jumat. Hedge funds meningkatkan spekulasi pada penurunan harga minyak mentah West Texas Intermediate (WTI) yang paling banyak selama tahun ini, menurut Komisi Perdagangan Berjangka Komoditi AS.

Sementara harga minyak rebound pada hari Jumat dari level tiga minggu terendah seiring menguatnya ekuitas, minyak mentah telah berjuang untuk mengatasi kerugian dari kemerosotan pasar bulan lalu yang meluas. Organisasi Negara Pengekspor Minyak dan sekutu-sekutunya berjanji untuk menekan output yang dapat dirusak karena AS mengirim lebih banyak minyak ke Asia, menurut ING Groep NV.

WTI untuk pengiriman bulan April diperdagangkan pada level $ 62,17 per barel di New York Mercantile Exchange, naik 13 sen pada pukul 8:46 pagi di Tokyo. Minyak mentah acuan AS naik $ 1,92 menjadi $ 62,04 pada hari Jumat. Total volume yang diperdagangkan sekitar 53 persen di bawah rata-rata 100 hari.Brent untuk pengiriman bulan Mei menambahkan 14 sen menjadi $ 65,63 per barel di ICE Futures Europe exchange yang berbasis di London. Kontrak naik 3 persen menjadi $ 65,49 pada hari Jumat. Minyak mentah global diperdagangkan pada premi $ 3,60 ke WTI.

Emas bergerak stabil karena investor tertekan oleh data payrolls yang lebih baik dari perkiraan pada Jumat lalu, yang mengindikasikan bahwa ekonomi AS melanjutkan penguatan, dengan melambatnya kenaikan upah yang menunjukkan tekanan inflasi diredam.Bullion untuk pengiriman langsung berada di level $ 1.323.40 / oz pada pukul 09.57 pagi di Singapura, setelah naik 0,2% pada hari Jumat, menurut harga dari Bloomberg.Perak mendatar di level $ 16,5843 / oz. Platinum menguat 0,1% ke level $ 966.89 / oz. Palladium sedikit berubah pada level $ 997.86 / oz.

Dolar Aussie dalam tawaran beli yang lebih baik terhadap mata uang AS di Asia, yang menetapkan di level tertinggi 13-hari di sekitar 0,7865.Pasangan AUD/USD ditutup pada level 0,7846 pada hari Jumat – penutupan harian tertinggi sejak 27 Februari lalu setelah jumlah pembeli non-farm payrolls meluncur di bawah aset berisiko, namun angka pertumbuhan upah yang suram membuat pasar terbagi pada apakah bank sentral AS akan meningkatkan perkiraan kenaikan suku bunga untuk tahun ini menjadi empat dari tiga kenaikan.

Juga, selama akhir pekan “The Australian” melaporkan bahwa bea baru Trump tidak akan dikenakan pada baja dan aluminium Australia. Presiden AS Donald Trump dan PM Australia Turnbull mengkonfirmasi pembebasan tersebut melalui Twitter pada hari Sabtu.Jadi, AUD kemungkinan akan menemukan pembeli selama sesi Eropa dan AS. Selanjutnya, kalender data ringan, maka pasangan ini berada di bawah pengaruh tindakan ekuitas dan selera pasar untuk greenback.

Harga emas bergerak lebih tinggi pada hari Jumat, berakhir dengan kenaikan beberapa sen untuk minggu ini karena pertumbuhan yang mengecewakan pada penggajian di AS membuat tekanan dari lonjakan tenaga kerja domestik.Sementara itu indeks dolar AS, diperdagangkan sedikit lebih rendah untuk sesi ini, namun bertahan pada kenaikan moderat untuk minggu ini – gagal menawarkan isyarat yang terarah untuk emas. Emas April naik $ 2,30, atau 0,2%, untuk berakhir di $ 1,324 per ons, naik sekitar 60 sen dari penutupan akhir pekan yang lalu.

Sumber Marketwatch, edit by PT Equityworld Futures Semarang