PT.EQUITYWORLD FUTURES Minyak diperdagangkan di bawah $ 69 karena jumlah rig minyak mentah di AS naik ke level tertingginya tiga tahun dalam tanda-tanda bahwa produksi Amerika dapat naik lebih jauh dari tingkat rekornya.Minyak berjangka Juni di New York sedikit berubah. Kontrak Mei naik 1,5 persen pekan lalu sebelum berakhir Jumat. Jumlah Pengeboran di AS naik lima minggu lalu ke 820, kenaikan mingguan ketiga berturut-turut, menurut data dari Baker Hughes. Presiden AS Donald Trump pada hari Jumat mengecam OPEC karena menggelembungkan harga setelah kartel menunjukkan kesediaan untuk lebih mengetatkan pasar energi.

Minyak menguat bulan ini ke level yang tidak terlihat sejak 2014 karena ketegangan geopolitik di Timur Tengah yang kaya energi meningkatkan kekhawatiran gangguan pasokan potensial. Organisasi Negara-negara Pengekspor Minyak dan para sekutunya dapat melanjutkan pemangkasan produksi bahkan setelah menghapuskan 97 persen dari surplus persediaan yang ditargetkan.

Minyak mentah West Texas Intermediate untuk pengiriman Juni diperdagangkan pada $ 68,26 per barel di New York Mercantile Exchange, turun 14 sen, pada 9:26 pagi di Tokyo. Kontrak Mei bertambah 0,1 persen menjadi $ 68,38 pada hari Jumat. Total volume yang diperdagangkan sejalan dengan rata-rata 100 harinya.Minyak mentah Brent untuk pengiriman Juni diperdagangkan pada $ 73,92 per barel di London-based ICE Futures Europe exchange, turun 14 sen. Minyak mentah acuan global diperdagangkan pada premi sebesar $ 5,70 untuk WTI Juni

Harga minyak ditutup sedikit lebih tinggi Jumat, menghapus penurunan singkat yang dipicu oleh tweet dari Presiden AS Donald Trump, untuk menyelesaikan minggu dengan kenaikan 1,5%.Trump telah menyalahkan OPEC atas apa yang disebutnya “harga buatan yang tinggi”, mendorong jatuhnya harga sementara. Namun, setelah pertemuan Organisasi Gabungan Negara Pengekspor Minyak dan komite pemantau non-OPEC pada hari Jumat, benar-benar  “tidak ada perubahan kecuali konfirmasi tambahan bahwa Rusia dan Arab Saudi akan terus bekerja sama untuk jangka panjang,” kata James. Williams, ekonom energi di WTRG Economics.

Minyak mentah West Texas Intermediate Mei naik 9 sen, atau 0,1%, menjadi $ 68,38 per barel. Kontrak berakhir pada penutupan hari ini. Kontrak  kontrak bulan depan yang baru Juni, menambahkan 7 sen, atau 0,1%, untuk berakhir di $ 68,40 per barel Minyak pangkas kenaikan awal Jumat untuk diperdagangkan lebih rendah setelah Presiden AS Donald Trump mencuit ke Twitter untuk menyalahkan OPEC karena harga “artifisial tinggi”.Trump mengatakan situasinya “Tidak bagus dan tidak akan diterima!”Kontrak Mei untuk minyak mentah West Texas Intermediate turun 61 sen, atau 0,9%, menjadi $ 67,68 per barel di New York Mercantile Exchange. Patokan AS mencapai level tingginya dalam 3 ½ tahun pada awal pekan ini dan tetap di jalur untuk kenaikan mingguan 0,4%. Juni WTI crude yang menjadi kontrak bulan depan berakhir di Jumat, kehilangan 61 sen, atau 0,9%, menjadi $ 67,72.

Kontrak Juni untuk patokan minyak mentah global Brent turun 77 sen, atau 1%, menjadi $ 73,01 per barel di ICE Futures Europe. Ini menetap di $ 73,78 pada hari Kamis untuk menandai finish lain di tertinggi sejak November 2014

Sumber Marketwatch, edit by PT Equityworld Futures Semarang