PT.EQUITYWORLD FUTURES Emas merosot ke level terendah lima minggu pada hari Rabu karena dolar dan hasil Treasury AS melonjak pada data AS yang kuat dan tanda-tanda pelonggaran dalam konflik perdagangan AS-China.Patokan AS 10-tahun yield Treasury naik menjadi 3 persen untuk pertama kalinya dalam lebih dari empat tahun, mencerminkan daya tahan ekspansi ekonomi AS setelah kepercayaan konsumen AS rebound pada bulan April dan penjualan rumah baru meningkat lebih dari yang diharapkan pada bulan Maret. Tapi hasil yang lebih tinggi pada obligasi membuat emas menjadi investasi yang kurang menarik karena tidak membayar bunga.

Sementara itu, ada penurunan dalam risiko politik setelah Amerika Serikat mengatakan kemungkinan akan mencapai kesepakatan perdagangan dengan China dan bahwa para pejabat dari kedua belah pihak akan duduk untuk negosiasi dalam beberapa hari.”Baru-baru ini ada beberapa optimisme bahwa perang perdagangan AS-China tidak akan menjadi masalah besar,” kata analis logam mulia Natixis, Bernard Dahdah. “Ada sedikit kepercayaan di AS dan yang secara negatif mempengaruhi emas, secara alami, dalam hal geopolitik.”

Spot emas turun 0,7% pada $ 1,320,56 per ounce, pada 1422 GMT. Ini menyentuh sesi rendah $ 1,318.51, yang terburuk sejak 21 Maret. Emas berjangka AS turun 0,8% ke $ 1,321.50 per ounce. Indeks dolar, yang mengukur greenback terhadap sekeranjang mata uang, naik ke level tertinggi empat bulan, naik 0,4%. Saham dunia turun untuk sesi kelima berturut-turut pada hari Rabu.

“Karena para pedagang menempatkan risiko geopolitik dan perdagangan di kaca spion untuk saat ini, bagaimana dolar berkembang dan wilts akan menjadi pendorong utama sentimen emas jangka pendek,” kata Stephen Innes, kepala perdagangan APAC, OANDA.Emas sering dilihat sebagai investasi alternatif selama masa ketidakpastian politik dan keuangan. Tapi selera investor telah meningkat karena kepemilikan dalam dana yang diperdagangkan di bursa emas (ETFs) naik ke tertinggi sejak 2013.

“Karena lingkungan pasar Goldilocks semakin dekat, minat investor terhadap emas telah meningkat,” kata TS Lombard dalam sebuah catatan, mengacu pada ekonomi yang tidak begitu panas sehingga menyebabkan inflasi, dan tidak begitu dingin sehingga menyebabkan resesi .Dalam logam mulia lainnya, perak spot turun 1 sen menjadi $ 16,54 per ons, dan platinum turun 1,2pc menjadi $ 915 per ons, setelah menyentuh terendah dalam lebih dari dua minggu. Palladium jatuh untuk sesi ketiga berturut-turut, turun 0,5% pada $ 969,40 per ounce.

Direktorat Intelijen Pendapatan (DRI) Ahmedabad, melanjutkan tindakan kerasnya terhadap barang-barang yang diselundupkan, menangkap dua penumpang yang tiba di bandara kota yang menyelundupkan emas yang disembunyikan di rekta mereka.Penyitaan, lebih dari Rs 50 lakh senilai emas selundupan, datang setelah para pejabat DRI menyita biji wijen, tembakau dan mata uang asing baru-baru ini dalam beberapa kali dari penumpang yang tiba di bandara kota.

Berdasarkan intelijen khusus bahwa dua penumpang sindikat penyelundupan yang berbasis di Mumbai telah mengambil emas dari kaki tangan mereka di Tamu di Myanmar dekat perbatasan Manipur-Myanmar dan menyelundupkannya melalui bandara internasional Sardar Vallabhbhai Patel Internasional melalui Dimapur di Nagaland pada 24 April, petugas DRI , Ahmedabad menyadap kedua penumpang setelah mereka mendarat.

Kedua penumpang telah mendarat dengan penerbangan Go Air G8-537 dan penerbangan Indigo 6E-674.Sementara satu penumpang menyegel 800 gram emas yang diselundupkan ke dalam rektumnya, yang lain menyembunyikan 800 gram emas yang diselundupkan ke dalam saku celananya.Selama interogasi, mereka mengungkapkan bahwa emas pertama kali diselundupkan dari Bangkok ke Myanar. Dari Myanmar itu diselundupkan ke India melalui perbatasan timur laut dari tempat logam yelow yang diselundupkan akan mencapai sindikat penyelundupan emas yang berbasis di Mumbai melalui maskapai yang menggunakan rute udara yang berbeda.

Demikian pula, Delhi DRI juga mencegat seorang wanita yang tinggal di Mumbai terbang ke Bangkok dari Delhi dengan penerbangan Air India. Dia ditemukan membawa mata uang asing senilai Rs 31,5 lakh.Setelah interogasi, dia mengatakan dia menyembunyikan tiga gulungan mata uang asing senilai 37.000 euro di rektumnya.Sebanyak 1,6 kg emas selundupan dan mata uang asing bersama-sama senilai Rs 82 lakh disita di bawah ketentuan UU Bea Cukai, 1962.

Sumber Marketwatch, edit by PT Equityworld Futures Semarang