PT. EQUITYWORLD FUTURES – Satu-satunya mata uang yang telah menguat terhadap dolar AS sejak Donald Trump memenangi pemilu memicu mengukuhkan status sebagai salah satu yang berkinerja terburuk ditahun 2016.

Pound melemah, pangkas keuntungan selama tiga hari setelah kandidat Partai Republik menjadi presiden terpilih AS. Sterling mendapatkan kejutan dari kemenangan Trump seiring kekhawatiran bahwa meningkatnya ketegangan politik di luar Inggris meredakan tekanan yang disebabkan oleh pemilihan suara pada Juni lalu untuk keluar dari Uni Eropa.

Pound turun 1,1 % ke level $ 1,2457 pada pukul 16:30 sore waktu London, jatuh dari level tertinggi dalam sebulan terakhir meskipun masih naik 0,6 % sejak 8 November. Semua mengatakan, mata uang Inggris melemah sebesar 16 % sejak referendum Uni Eropa, dan telah menderita kerugian ketiga terbesar di antara mata uang utama lainnya pada tahun ini.

Sterling menguat 0,2 % ke level 86,05 pence per euro, memperluas kenaikan 3,2 % pada pekan lalu, kinerja terbaik terhadap mata uang tunggal Eropa sejak Juli 2015.

EQUITYWORLD FUTURES Dolar dipangkas keuntungan tetapi terus melayang-layang di tertinggi sembilan bulan terhadap mata uang utama lainnya pada hari Senin, karena optimisme atas implikasi ekonomi dari presiden Trump terus mendukung permintaan untuk greenback.

EUR / USD mundur 0,66% ke 1,0782, level terendah sejak Januari.

Dolar didorong oleh harapan bahwa peningkatan fiskal pengeluaran dan pemotongan pajak di bawah pemerintahan Trump akan mendukung pertumbuhan ekonomi dan inflasi.

Harapan untuk suku bunga AS yang lebih tinggi juga tetap utuh di tengah optimisme bahwa pick-up dalam pertumbuhan akan memungkinkan Federal Reserve untuk mengencangkan biaya pinjaman.

Peso Meksiko tetap berada di bawah tekanan, dengan MXN / USD turun 0,42% di 0,0479, tidak jauh dari Jumat rekor terendah 0,0467.

Dalam konferensi pers Rabu lalu, Equity world Futures para pejabat bank sentral Meksiko mengatakan mereka sedang menonton volatilitas pasar namun menahan diri dari langkah-langkah untuk membendung penurunan peso.

Sumber : Bloomberg