PT.EQUITYWORLD FUTURES Euro naik terhadap dolar AS pada hari Selasa menyusul laporan bahwa Bank Sentral Eropa akan membahas jalan keluar dari program pelonggaran kuantitatif minggu depan.Di tempat lain, para pedagang berfokus pada perkembangan politik Italia dan seputar kesepakatan perdagangan Amerika Utara yang baru.

Indeks Dollar AS yang mengukur buck terhadap enam rival, turun 0,1% menjadi 93.900. Indeks Dollar WSJ yang lebih luas memulihkan sebagian dari penurunan sebelumnya dan terakhir sedikit berubah di wilayah negatif di level 87,09.Euro – saingan utama dolar – naik ke level $ 1,1713, dibandingkan dengan $ 1,1699 pada akhir Senin di New York.Pound Inggris menguat ke level $ 1,3387 dari $ 1,3312, merasakan level tertinggi dua minggu.

Terhadap yen Jepang, dolar jatuh ke level ¥ 109,72, sedikit berubah dari level ¥ 109,81 pada akhir Senin di New York.Dolar Australia melemah setelah kenaikan tajam hari Senin menyusul komentar dari Reserve Bank of Australia yang dianggap sebagai agak dovish. Aussie berada di level $ 0,7610, turun dari level $ 0,7646 pada akhir Senin di New York

AUD/JPY menangkap beberapa kenaikan pada awal perdagangan Rabu, dengan risk appetite didukung oleh berita perdagangan.

Aussie semakin terseret naik dengan meningkatnya sentimen risiko menyusul berita utama bahwa Menteri Keuangan Steven Mnuchin menekan Presiden AS Donald Trump untuk memperkenalkan pengecualian bagi Kanada dari tarif baja dan aluminium baru-baru ini; sementara langkah itu tidak terkait langsung dengan Aussie atau Yen, pasar mengambil langkah sebagai alasan untuk menjadi optimis, karena personel kunci dalam pemerintahan Trump mulai menolak penggunaan tarif mencolok dan mendestabilisasi perdagangan global AS sebagai taktik negosiasi.

Peningkatan sentimen risiko lebih jauh di sesi Asia adalah Labor Cash Earnings y/y Jepang, yang dicetak pada 0,8% dibandingkan perkiraan 0,2%, meskipun rilis masih kontraksi dari pembacaan sebelumnya 2,0%.

Angka PDB kuartalan untuk Australia naik berikutnya, akan dirilis pada 01:30 GMT (08:30 WIB), dan pedagang akan memperkirakan pembacaan yang lebih baik sebesar 0,9% di angka headline menyusul kenaikan baru-baru ini dalam data ekonomi untuk ekonomi Australia. PDB kuartal ke-4 untuk 2017 terakhir di 0,4%.

Level AUD/JPY untuk dipantau

Pasangan ini tergelincir ke rendah sesi 83,33 pada hari Selasa sebelum rebound di sesi AS, dan pergerakan bull saat ini akan berupaya untuk membuat penembusan di atas tinggi kemarin dekat 84,20 yang akan melihat dorongan berlanjut ke 84,50, sementara pembalikan tiba-tiba bisa membuat pasangan merosot kembali ke harga pembukaan minggu dekat 82,75 jika sentimen pasar memutuskan untuk bearish.

Sterling melonjak pada hari Selasa setelah survei menunjukkan perusahaan di sektor jasa dominan Inggris tumbuh lebih cepat dari yang diperkirakan pada Mei setelah kemerosotan pada musim dingin di awal 2018.Tapi mood mengenai prospek pound tetap lebih melah karena ketidakpastian seputar rencana keluar Inggris dari Uni Eropa pada Maret 2019 dan jalan Bank of England untuk pengetatan moneter.

Setelah merosot 3,43 persen terhadap dolar yang bangkit kembali pada bulan Mei, sterling memulai Juni pada pijakan positif, didukung oleh data yang menunjukkan tanda-tanda kemungkinan penguatan ekonomi Inggris setelah kuartal pertama yang lamban.Layanan indeks pembelian manajer (PMI) IHS Markit / CIPS naik ke level tertinggi tiga bulan pada bulan Mei, lebih baik dari perkiraan dalam jajak pendapat ekonom Reuters.Itu mendorong sterling hingga ke level $ 1,3391 – mendekati level tertinggi dua minggu “ sebelum tergelincir kemudian ke level $ 1,3339 seiring dolar menguat secara luas.Terhadap euro, pound juga naik ke posisi ertinggi empat hari di 87,25 pence.

Investor sekarang melihat dalam kira-kira 40 persen peluang BoE menaikkan biaya pinjaman pada bulan Agustus – waktu berikutnya memperbarui perkiraan ekonominya.Namun, para analis memperingatkan bahwa risiko seputar hubungan Inggris dan UE setelah Brexit terus mengaburkan prospek mata uang.

Sumber Marketwatch, edit by PT Equityworld Futures Semarang