PT.EQUITYWORLD FUTURES Penurunan harga emas di musim panas mungkin menjadi tanda pembalikan untuk logam kuning, menurut satu banteng emas, yang mengharapkan untuk melihat “lepas landas” di tengah lingkungan makro “ramah”.”Penurunan jangka pendek dalam emas tampaknya sangat mungkin pada titik ini, berkat latar belakang makro yang sedikit lebih bersahabat,” Boris Mikanikrezai, analis logam mulia di Metal Bulletin, menulis dalam artikel “Seeking Alpha” pada Selasa.

Harga emas telah mengalami serangkaian kerugian beberapa minggu terakhir, mencapai terendah enam bulan baru $ 1,256.40 per ounce pada awal sesi. Emas berjangka Agustus Comex terakhir terlihat di $ 1,260.30 per ounce, turun 0,68% pada hari itu.Salah satu hambatan utama untuk harga emas adalah dolar AS yang lebih kuat, yang membuat kenaikan tak terduga di tengah meningkatnya ketegangan geopolitik.

Pandangan Mikanikrezai melihat tren ini berbalik, karena eskalasi retorika perang perdagangan dapat mengambil keuntungan dari dolar AS dan menaikkan harga emas.”Sikap keras pada perdagangan yang diadopsi oleh pemerintah AS telah menghasilkan langkah-langkah balas dendam oleh mitra dagangnya … Akibatnya, aman untuk menyatakan bahwa ketegangan perdagangan cenderung memburuk sebelum menjadi lebih baik,” tulis Mikanikrezai. “Nafsu makan pengambilan risiko global bisa menurun lebih jelas (bahkan jika bank-bank sentral melangkah masuk), dolar bisa memberikan kembali keuntungan sebelumnya, dan tingkat riil AS dapat mempercepat penurunan mereka.”

“Terhadap latar belakang makro yang ramah untuk emas, saya mengharapkan harga emas (diproksi oleh SPDR Gold Trust ETF – GLD) dan ekuitas pertambangan emas (yang diproksikan oleh VanEck Vectors Gold Miners ETF – GDX) untuk bergerak lebih tinggi menuju tertinggi bulanan mereka dalam waktu dekat ,” dia berkata. “Saya akan menekankan bahwa emas mungkin membutuhkan waktu sebelum reli pada kecepatan yang lebih meyakinkan.”

Harga emas dan perak melemah di perdagangan AS sore hari Selasa. Namun, harga telah bergerak naik dari posisi terendah harian mereka yang melihat emas mencapai level terendah enam bulan dan perak mencapai terendah tujuh minggu. Lonjakan harga minyak Nymex di atas $ 70,00 membantu mengangkat pasar emas dan perak naik dari posisi terendah sesi mereka sesaat sebelum tengah hari. Emas berjangka Agustus terakhir turun $ 6,90 per ons pada $ 1,262.00. Juli Comex perak terakhir turun $ 0,053 pada $ 16,275 per ounce.

Terlepas dari ancaman perang dagang dunia di cakrawala, pasar tidak melihat keengganan risiko — setidaknya tidak cukup untuk meningkatkan logam-logam safe-haven. Sebaliknya, emas dan perak mengikuti rekan-rekan komoditas mentah mereka lebih rendah pada kekhawatiran perdagangan dunia yang kurang dalam komoditas mentah jika perang dagang penuh meledak pecah antara AS dan ekonomi besar lainnya di dunia.Kunci “pasar luar” hari ini menemukan indeks dolar AS lebih tinggi, yang merupakan elemen pasar harian bearish untuk logam mulia.

Sementara itu, harga minyak mentah Nymex naik tajam dan diperdagangkan di atas $ 70,00 per barel setelah laporan akhir pagi muncul bahwa AS akan memberlakukan kebijakan “toleransi nol” pada ekspor minyak Iran ke negara lain. Secara teknis, beruang emas memiliki perusahaan secara keseluruhan dekat Keuntungan teknis jangka panjang. Downtrend berusia 2,5 bulan ada di grafik batang harian. Target kenaikan harga jangka dekat emas bulls berikutnya adalah untuk menghasilkan penutupan di atas resistensi teknis yang solid di $ 1,286.80. Target penurunan harga sisi jangka pendek Bears yang berikutnya adalah mendorong harga di bawah dukungan teknis yang solid pada terendah Desember $ 1,251.90.

Resistensi pertama terlihat pada level tertinggi hari ini di $ 1,269.40 dan kemudian di level tertinggi minggu ini $ 1,274.40. Dukungan pertama terlihat pada level terendah hari ini di $ 1,256.40 dan kemudian di $ 1,251.90. Wyckoff’s Market Rating: 3.0 Beruang perak memiliki keunggulan teknis jangka pendek secara keseluruhan. Target kenaikan harga kenaikan harga lembing perak berikutnya adalah menutup harga di atas resistensi teknis yang solid pada $ 17,00 per ounce. Tujuan penurunan harga downside berikutnya untuk beruang adalah harga penutupan di bawah dukungan yang solid pada terendah Mei $ 16,07. Resistensi pertama terlihat pada harga tertinggi hari ini $ 16,35 dan kemudian pada $ 16,50. Dukungan selanjutnya terlihat pada terendah hari ini $ 16,14 dan kemudian pada $ 16,07. Wyckoff’s Market Rating: 3.0.

Juli N.Y. tembaga ditutup naik 60 poin menjadi 299,25 sen hari ini. Harga ditutup mendekati sesi tinggi pada shortening pendek setelah mencapai terendah tiga bulan pada hari Senin. Beruang tembaga memiliki keunggulan teknis jangka pendek secara keseluruhan di tengah penjualan yang merosot baru-baru ini. Tujuan kenaikan harga emas bulls berikutnya mendorong dan menutup harga di atas resistensi teknis yang kuat di 315,00 sen. Tujuan harga downside berikutnya untuk beruang adalah harga penutupan di bawah dukungan teknis yang solid pada rendah Maret 295,85 sen. Resistensi pertama terlihat di 300,00 sen dan kemudian di tertinggi minggu ini 304,50 sen. Dukungan pertama terlihat di terendah minggu ini di 298,60 sen kemudian di 295,85 sen. Wyckoff’s Market Rating: 3.0.

 

Sumber Marketwatch, edit by PT Equityworld Futures Semarang