PT.EQUITYWORLD FUTURES Meskipun emas berjangka diperdagangkan sedikit lebih tinggi, aktivitas perdagangan hari ini disorot oleh fakta bahwa emas diperdagangkan ke lower low dan lower high dari kemarin. Saat ini, emas berjangka (kontrak Agustus Comex) diperdagangkan pada $ 1,227.80, yang merupakan keuntungan bersih $ 0,50 pada hari itu. Ini adalah intraday low yang paling penting. Pedagang mengambil logam kuning yang berharga menjadi $ 1,220.90, terendah baru untuk tahun ini dan titik harga yang belum pernah dilihat oleh para pedagang sejak Juli 2017. Tekanan penjualan hari ini sekali lagi didominasi oleh penguatan dolar. Faktanya, itu adalah kekuatan dolar sebelumnya yang menekan harga emas ke titik terendah baru ini untuk 2018.

Indeks dolar AS sekali lagi menguji level resistance saat ini yang berada di 95, dengan perdagangan indeks ke intraday high 95,18 sebelum mengembalikan keuntungan tersebut. Meskipun demikian, dolar naik 15 poin dalam perdagangan hari ini dan saat ini tetap di 94,855. Pada 16:15 waktu standar Timur, emas fisik saat ini diperdagangkan $ 0,30 lebih tinggi pada hari itu. Peningkatan fraksional ini adalah hasil bersih dari pedagang yang menawar harga emas lebih tinggi dengan $ 1,80, dengan kekuatan dolar mengambil $ 1,50, menurut indeks emas Kitco (KGX).

Kekuatan dolar bukan satu-satunya faktor yang sangat membebani harga logam mulia. Ada juga tekanan dari sentimen pasar risiko yang dibuat dari keuntungan hari ini dalam ekuitas AS, serta keyakinan bahwa bunga siap untuk kenaikan suku bunga lebih tinggi, berdasarkan jadwal setiap tiga bulan. Kesaksian terbaru oleh Jerome Powell memaparkan kebijakan moneter saat ini untuk Bank Sentral yang mengindikasikan Federal Reserve yang jauh lebih hawkish dalam hal frekuensi kenaikan suku bunga. Ini merupakan indikasi bahwa fed akan memulai dua kenaikan suku bunga lagi tahun ini dan akan terus menaikkan suku bunga setiap tiga bulan.

Peningkatan suku bunga ini, jika diberlakukan seperti yang disarankan Powell, tidak diragukan lagi akan menjadi faktor yang sangat positif bagi dolar AS dan hampir menjamin bahwa indeks dolar akan meningkat nilainya tahun ini. Dengan demikian, akan menantang untuk harga emas untuk maju dan pindah ke tempat yang lebih tinggi. Bahkan data ekonomi yang hangat belum menciptakan permintaan emas yang lebih besar. Menurut MarketWatch, “Harga emas menunjukkan sedikit reaksi dalam perdagangan elektronik pada Rabu sore setelah rilis Beige Book Federal Reserve. Gambaran aktivitas ekonomi domestik menemukan bahwa ekonomi AS yang berkembang pesat kehabisan ruang untuk tumbuh lebih cepat. ”

Menurut Fawad Razaqzada, seorang analis teknis di Forex.com, “Sengketa saat ini antara AS dan mitra dagangnya di Tiongkok, Amerika Utara, dan Eropa sebenarnya negatif untuk emas karena itu berarti meningkatnya biaya impor dapat meningkatkan tekanan inflasi . ” Emas, paling banter, berjuang melawan perjuangan yang berat melawan dolar yang kuat dan sentimen pasar risk-on yang solid. Bagi mereka yang menginginkan lebih banyak informasi, cukup gunakan tautan ini. Berharap Anda seperti biasa, perdagangan yang baik,

 

Sumber Marketwatch, edit by PT Equityworld Futures Semarang