PT.EQUITYWORLD FUTURES jatuh lagi tetapi melampaui perak di London pada Kamis, sementara platinum turun ke posisi terendah baru 14-tahun seiring melonjaknya Dolar AS mendorong komoditas industri lebih rendah. Pasar saham Asia tergelincir karena Yuan China juga jatuh ke posisi terendah 12 bulan, melacak penurunan harga emas Dolar. Saham Eropa turun 0,5% karena Euro jatuh ke nilai Dollar terlemahnya sejauh ini bulan ini. Emas kini telah melemah 2,2% terhadap Dollar sejak akhir pekan lalu. Perak telah jatuh lebih keras, menjatuhkan 3,3% untuk minggu sejauh ini untuk datang dalam 25 sen dari rendah enam belas bulan Juli 2017 pagi ini pada $ 15,24 per ounce – turun hampir 10% untuk 2018 hingga saat ini.
Harga Platinum telah jatuh lebih keras lagi, kehilangan 3,5% minggu ini saja turun di bawah $ 800 per ounce untuk kedua kalinya bulan ini di perdagangan London Kamis. Platinum terakhir ini murah pada Juli 2004. Grafik harga platinum dalam Dolar AS, 20 tahun terakhir.  “Nada yang semakin negatif terhadap platinum mencerminkan beberapa masalah,” kata catatan mingguan terbaru dari analis spesialis Metals Focus, menyoroti “kondisi pasokan dan permintaan yang tidak mendukung.” Negara penambangan platina No.1 Afrika Selatan “menghadapi tekanan marjin yang semakin besar” karena harga spot jatuh di bawah biaya produksi, “[tetapi] kami tidak berharap melihat penurunan yang berarti dalam produksi tahun ini,” kata Metals Focus, yang menyalahkan “[a] kurangnya disiplin produksi jelas [plus] headwinds politik. paling tidak dengan pengangguran headline di negara sekitar 27%. ”

“Di Afrika Selatan, pemerintah tidak akan membiarkan Anda memotong poros,” setuju manajer portofolio Johny Lambridis di lengan investasi raksasa Afrika Selatan Prudential, sementara di sisi permintaan, pengemudi mobil Eropa bergerak menjauh dari kendaraan diesel – sumber untuk 40% oftake off tahunan dalam bentuk katalis untuk memotong emisi berbahaya. “Kami tidak memiliki pertumbuhan dalam jumlah kendaraan dan secara efektif semua yang Anda lakukan adalah mengambil satu catalytic converter [dan] mendaur ulangnya. “Apakah Anda benar-benar membutuhkan platinum Afrika Selatan? Jadi itulah kekhawatiran kami.” Kendaraan diesel tugas ringan di Eropa adalah “sejauh ini pasar terbesar untuk permintaan otomotif platinum,” kata Metals Focus, tetapi mereka sekarang menghadapi “kerugian pangsa pasar yang berkelanjutan dan curam.” Bulan lalu melihat akun kendaraan diesel untuk 37% dari penjualan mobil baru di Eropa Barat, konsultan mengatakan, mengutip data dari spesialis LMC Automotive. Pada Juni tahun lalu angka itu adalah 45%.

“Dengan demikian,” menyimpulkan Logam Fokus, “kemampuan untuk harga platinum untuk memperkuat akan tetap sebagian besar bergantung pada tren emas.” Jeda pada hari Rabu dalam kemerosotan harga logam mulia melihat dana perwalian ETF emas dan perak yang didukung besar mengakhiri hari tidak berubah dalam ukuran. Raksasa SPDR Gold Trust (NYSEArca: GLD) tetap yang terkecil sejak Agustus lalu, membutuhkan 794 ton emas batangan untuk mendukung sahamnya. The iShares Silver Trust (NYSEArca: SLV) memiliki kontras bengkak ke terbesarnya dalam 11 bulan karena harga logam jatuh, membutuhkan hampir 11.165 ton dukungan batangan. Permintaan perak industri sedang booming di India, Bloomberg melaporkan hari ini, mendorong impor lebih tinggi sementara permintaan perhiasan emas berjuang selama bulan-bulan musim panas biasanya lebih tenang. No.5 negara konsumen emas Turki kemarin mengakhiri keadaan daruratnya dua tahun setelah upaya kudeta gagal yang disalahkan pada pendukung ulama Fethullah Gulen, dan menandai pekan ini dengan unjuk rasa besar di Istanbul. Undang-undang anti-teror baru sekarang direncanakan untuk menggantikan kekuatan darurat itu.

 

Sumber Marketwatch, edit by PT Equityworld Futures Semarang