PT.EQUITYWORLD FUTURES Harga emas dan perak sedikit lebih rendah pada perdagangan AS sore hari Senin. Kedua logam tidak jauh di atas posisi terendah 12 bulan minggu lalu. Kunci “pasar luar” bearish untuk hari ini yang berharga karena indeks dolar AS menguat dan harga minyak mentah melemah. Juga, postur teknis untuk pasar emas dan perak tetap bearish sepenuhnya dalam waktu dekat. Emas berjangka Agustus terakhir turun $ 5,20 per ounce pada $ 1,225.90. Perak Comex September turun $ 0,134 pada $ 15,415 per ounce.

Pasar saham dunia dicampur ke sebagian besar hari ini lebih rendah. Indeks saham AS sedikit lebih tinggi dalam transaksi sore. Pasar saham dunia hanya menunjukkan reaksi sedikit bearish terhadap tweet Presiden Trump Minggu malam memperingatkan Iran untuk tidak mengancam AS atau negara itu akan menderita konsekuensi serius. Pasar emas dan perak safe-haven tidak melihat adanya reaksi signifikan terhadap tweet tersebut.

Data ekonomi AS yang akan dirilis Senin termasuk indeks aktivitas nasional Chicago Fed dan penjualan rumah yang ada. Tidak ada laporan yang memindahkan pasar, di tengah perdagangan musim panas yang lesu, ketika banyak pedagang berpikir tentang liburan keluarga mendatang mereka daripada pasar.

(Secara teknis, beruang emas memiliki keunggulan teknis jangka pendek yang solid secara keseluruhan. Tidak ada petunjuk awal yang kuat untuk menunjukkan bahwa dasar pasar sudah dekat. Downtrend tiga bulan-tua ada di grafik batang harian. Target kenaikan harga jangka dekat emas bulls berikutnya adalah untuk menghasilkan penutupan di atas resistensi teknis yang solid di $ 1,250.00. Target penurunan harga sisi jangka pendek Bears berikutnya mendorong harga di bawah dukungan teknis yang solid pada $ 1,200.00. Resistensi pertama terlihat pada level tertinggi hari ini di $ 1,235.20 dan kemudian di $ 1,240.00. Dukungan pertama terlihat pada terendah hari ini di $ 1,222.20 dan kemudian di terendah minggu lalu di $ 1,210.70.

Beruang perak memiliki keunggulan teknis jangka pendek yang solid secara keseluruhan. Tidak ada petunjuk awal untuk menyarankan bahwa dasar pasar sudah dekat. Target kenaikan harga kenaikan harga lembing perak berikutnya adalah menutup harga di atas resistensi teknis yang solid pada $ 16,00 per ounce. Tujuan penurunan harga samping berikutnya untuk beruang adalah harga penutupan di bawah dukungan yang kuat di $ 15,00. Resistensi pertama terlihat pada harga tertinggi hari ini $ 15,58 dan kemudian pada minggu terakhir tertinggi $ 15,90. Dukungan berikutnya terlihat pada terendah hari ini $ 15,35 dan kemudian di terendah minggu lalu $ 15,185. Peringkat Pasar Wyckoff: 1.5.

Tembaga September N.Y ditutup 100 poin di 274.60 sen hari ini. Harga ditutup mendekati sesi rendah hari ini. Beruang tembaga memiliki keunggulan teknis jangka pendek yang solid secara keseluruhan. Tujuan kenaikan harga emas bulls berikutnya mendorong dan menutup harga di atas resistensi teknis yang kuat di 290,00 sen. Tujuan harga downside berikutnya untuk beruang adalah harga penutupan di bawah dukungan teknis yang solid di 260,00 sen. Resistensi pertama terlihat pada level tertinggi hari ini 277,65 sen dan kemudian pada 280,00 sen. Dukungan pertama terlihat pada terendah hari ini di 273,40 sen dan kemudian di 270,00 sen.

Tweet Presiden Donald Trump baru-baru ini menuduh Uni Eropa dan Cina memanipulasi mata uang mereka serta mengkritik Federal Reserve untuk menaikkan suku bunga dapat menyediakan katalis yang sangat dibutuhkan untuk emas untuk akhirnya bergerak lebih tinggi, kata TD Securities.

“Momentum USD yang kuat ini akan kehilangan semangat, karena pernyataan terbaru dari Presiden Trump yang menuduh mitra perdagangan Amerika untuk manipulasi mata uang dan istirahatnya dengan tradisi untuk mengkritik kebijakan Fed menyediakan katalis untuk faktor fundamental,” kata kepala TD Securities dari strategi global Bart Melek dan ahli strategi komoditas Ryan McKay.

Pada hari Jumat, Trump mengambil ke Twitter untuk berbicara menentang Federal Reserve menaikkan suku bunga mengingat meningkatnya utang. Dia juga menyerukan China dan Uni Eropa untuk memanipulasi mata uang mereka dan mengambil keunggulan kompetitif AS.

Sebagai tanggapan atas tweet, indeks dolar AS menurun dan emas melihat reli sementara. Tapi, pada hari Senin, efek sebagian besar menguap, dengan DXY naik 0,20% pada hari ke 94,66 dan emas berjangka Agustus Comex jatuh ke $ 1,224.00, turun 0,58% pada hari itu.

“Tusukan Presiden Trump di The Fed karena menaikkan suku bunga, yang menciptakan reli penutupan pendek pekan lalu, telah memudar dari ingatan para pedagang,” kata direktur perdagangan Kitco, Peter Hug. “Bahkan ancamannya yang nyata terhadap Iran gagal memicu minat investor. Sebaliknya, lompatan yang lebih tinggi dalam obligasi 10-tahun [hasil] diuntungkan mengalir kembali ke dolar dan emas mundur dari tertinggi Jumat. ”

Pengaruh tweet-tweet Trump di pasar memudar, tambah kepala ekonom global UBS Wealth Management, Paul Donovan.

“Setelah ancaman tweeting Trump terhadap Korea Utara dan fakta bahwa Korea Utara tampaknya masih melanjutkan program nuklirnya tanpa hambatan, akan tampak bahwa pasar tidak cenderung untuk mengambil tweet-tweet Trump secara serius,” kata Donovan dalam sebuah catatan pada hari Senin.

Ketika datang ke emas, investor kehilangan kesabaran, kata Hug.

“Kelemahan pagi ini telah mendorong penjualan baru di sisi ritel. Saya curiga masih ada permintaan di titik masuk yang lebih rendah, tetapi kekuatan dipenuhi dengan skeptisisme dan penjualan, ”katanya.

Hug melihat area $ 1,220 sebagai garis support dan level $ 1,237 sebagai penghalang teknis untuk harga yang lebih tinggi.

Tapi, TD Securities tetap optimis di bagian depan emas, mencatat bahwa bank menasihati posisi emas yang panjang pada pandangan bahwa dolar AS akan menurun akhir tahun ini. Pembaruan portofolio komoditas bank adalah memasuki pasar emas di $ 1.228 per ounce, dengan level target $ 1.280.

“Kemerosotan parah kurva imbal hasil AS dan kurangnya carry positif melintasi kurva Treasury ketika biaya lindung nilai diperhitungkan akan menjadi headwinds utama yang mulai bekerja melawan greenback ke 2018,” tulis Melek dan McKay.

Di atas itu, Bank Sentral Eropa (ECB) ingin mengencangkan program pelonggaran kuantitatif tahun ini, yang akan meningkatkan euro dan membebani indeks dolar AS.

“Dengan ECB QE yang tidak berubah dalam perjalanan, kami melihat tren euro menuju rendah 1,20 detik akhir tahun ini. Ini akan membantu mengurangi indeks mata uang DXY, yang telah menjadi negatif untuk emas akhir-akhir ini, ”tulis ahli strategi TD Securities.

 

Sumber Marketwatch, edit by PT Equityworld Futures Semarang