PT.EQUITYWORLD FUTURES Harga emas diadakan secara luas stabil di Asia pada hari Jumat setelah mencelupkan sesi sebelumnya, menarik sedikit dukungan dari ketegangan politik global dan turbulensi di pasar mata uang.

Spot emas datar pada $ 1,212.12 / oz pada 3.21am GMT, setelah kehilangan 0,1% pada hari Kamis.

Emas berjangka AS stabil di sekitar $ 1,219.6 / oz.

“Kami sedang mencari arah dalam dolar AS untuk benar-benar mendikte tindakan harga [emas] hari ini,” kata analis ANZ, Daniel Hynes, menambahkan masalah geopolitik di sekitar, di pasar negara berkembang khususnya, tidak mungkin memberikan dorongan untuk harga.

Dolar AS, di mana harga emas, turun sekitar 0,2% pada ¥ 110,90. Greenback, bagaimanapun, melayang hanya singkat dari tertinggi 13 bulan terhadap sekeranjang mata uang sebagai mata uang Eropa seperti pound dan euro terus kehilangan traksi.

Sementara itu, sanksi AS baru terhadap Moskow mendorong rubel Rusia ke level terendah dalam dua tahun, sementara lira Turki menyelami rekor terendah di tengah keretakan diplomatik dengan AS.

Harga emas, yang dapat memperoleh selama ketidakpastian, sebagian besar gagal mengambil manfaat dari meningkatnya ketegangan geopolitik tahun ini, karena investor telah memilih keamanan dolar atas logam mulia.

Juga menambahkan tekanan pada emas adalah harapan suku bunga yang lebih tinggi di AS, di mana Federal Reserve diperkirakan akan menaikkan suku bunga acuan pada bulan September – ketiga kalinya pada 2018.

Perekonomian AS sedang melakukan “sangat baik” dengan pertumbuhan lanjutan membuka jalan untuk satu atau dua kenaikan suku bunga lebih pada tahun 2018, Presiden Bank Federal Reserve Chicago Charles Evans mengatakan pada hari Kamis dalam sebuah wawancara di mana ia menepis kekhawatiran sebelumnya tentang inflasi yang lemah.

Suku bunga AS yang lebih tinggi cenderung untuk meningkatkan dolar dan hasil treasury, menambah tekanan pada bullion mata uang dolar, tanpa hasil.

Spot emas terlihat netral dalam kisaran $ 1,206 / oz- $ 1,220 / oz, dan pelarian bisa menunjukkan arah, kata analis teknikal Wang Tao.

Dalam logam lain, perak naik tipis 0,1% menjadi $ 15,42 / oz.

Platinum naik 0,3% pada $ 833,10, sedangkan paladium 0,4% lebih rendah pada 903,75.

 

Sumber Marketwatch, edit by PT Equityworld Futures Semarang