PT.EQUITYWORLD FUTURES Harga emas dan perak memegang sedikit kenaikan di awal perdagangan AS pada Kamis, pada koreksi koreksi setelah emas mencapai terendah 1,5 tahun semalam dan perak mencetak terendah dalam dua tahun. Apresiasi yang kuat dalam dolar AS bersama dengan penurunan harga minyak mentah telah menjadi elemen bearish utama yang menghukum pasar logam mulia baru-baru ini. Emas berjangka Desember bertahan hingga $ 2,20 per ounce pada $ 1,187.20. Perak Comex September bertahan hingga $ 0,166 pada $ 14.615 per ounce.

Ada secercah harapan bagi pasar emas dan perak, Kamis pagi. Harga pada awal perdagangan AS diperdagangkan dengan baik dari posisi terendah baru untuk bergerak dan dekat tertinggi sesi mereka. Jika harga emas dan perak dapat menyelesaikan hari dekat tertinggi harian mereka, seperti itu akan menunjukkan bahwa bear telah kehabisan bensin dan bahwa pasar jangka pendek berada di tempat. Jadi, Kamis adalah hari perdagangan ekstra penting untuk logam-logam — terutama untuk sapi jantan.

Pasar saham global bervariasi dalam semalam, dengan saham Eropa sebagian besar naik dan saham Asia sebagian besar turun. Indeks saham AS menunjuk ke arah pembukaan yang lebih tinggi ketika sesi hari New York dimulai.

Ada sedikit penghindaran risiko di pasar dunia saat ini, sebagian di tengah berita bahwa AS dan China akan mengadakan pembicaraan perdagangan akhir bulan ini — negosiasi pertama dalam dua bulan. Namun, ancaman krisis ekonomi dan mata uang negara berkembang masih dalam pikiran banyak pedagang dan investor, dan masalah ini tidak akan hilang begitu saja. Lira Turki, yang paling banyak diteliti dalam beberapa pekan terakhir, diperdagangkan lebih tinggi terhadap dolar AS hari ini.

Pasar logam mulia terpukul sangat keras pada hari Rabu, di tengah kekhawatiran tentang perlambatan ekonomi global yang dapat disebabkan oleh krisis mata uang sekunder. Seharusnya pasar emas dan perak safe-haven belum melihat permukaan permintaan yang signifikan karena potensi penularan pasar mata uang.

Pasar utama di luar hari ini menemukan harga minyak mentah Nymex lebih rendah dan diperdagangkan hanya sekitar $ 65,00 per barel. Harga minyak mencapai terendah tujuh minggu semalam dan berarah lebih rendah. Sementara itu, indeks dolar AS sedikit lebih rendah pada koreksi koreksi setelah mencapai tertinggi 14 bulan pada hari Rabu.

Data ekonomi AS yang akan dirilis Kamis termasuk laporan klaim pengangguran mingguan, survei bisnis Fed Philadelphia dan pembangunan perumahan baru.

Secara teknis, beruang emas memiliki keunggulan teknis jangka pendek yang solid di tengah-tengah tren turun harga pada grafik batang harian. Target kenaikan harga jangka dekat emas bulls berikutnya adalah untuk menghasilkan penutupan pada bulan Desember berjangka di atas resistensi yang kuat pada $ 1,226.00. Target penurunan harga sisi jangka pendek Bears berikutnya mendorong harga di bawah dukungan teknis yang solid di $ 1,150.00. Resistensi pertama terlihat di $ 1,200.00 dan kemudian di tertinggi Selasa $ 1,205.80. Dukungan pertama terlihat pada $ 1,180.00 dan kemudian pada terendah hari ini di $ 1,167.10.

Berjangka perak berjangka September memiliki keunggulan teknis jangka pendek yang solid secara keseluruhan. Target terobosan harga naik berikutnya adalah menutup harga di atas resistensi teknis yang solid di $ 15,50 per ounce. Tujuan penurunan harga samping berikutnya untuk beruang adalah menutup harga di bawah dukungan yang kuat di $ 14,00. Resistensi pertama terlihat pada $ 15,00 dan kemudian pada Selasa tertinggi $ 15,105. Dukungan berikutnya terlihat pada rendah hari ini $ 14,315 dan kemudian pada $ 14,25.

 

Sumber Marketwatch, edit by PT Equityworld Futures Semarang