PT.EQUITYWORLD FUTURES Emas mencatat perdagangan dua sisi yang bergejolak minggu lalu. Pada awal minggu, melemahnya Dollar AS mendorong pasar lebih tinggi karena meningkatnya permintaan untuk aset berdenominasi dolar. Emas juga didukung oleh berita bahwa AS telah memperpanjang undangan ke China untuk memperbarui pembicaraan perdagangan.

Laporan Inflasi dan Konsumen Inflasi Produsen AS yang lebih lemah dari perkiraan juga mendorong para pedagang ke emas, namun, kenaikan dibatasi oleh meningkatnya yield Treasury AS menjelang kenaikan suku bunga Fed yang diharapkan secara luas akhir pekan ini.

Akhirnya, emas mengembalikan sebagian besar keuntungannya pada hari Jumat karena penjualan ritel AS yang optimis dan laporan kepercayaan konsumen. Sebuah laporan bahwa Presiden Trump mengatakan kepada para pembantunya untuk melanjutkan dengan tarif tentang impor Cina senilai $ 200 miliar juga membuat investor berguncang.

Untuk minggu ini, Desember Comex Gold ditutup pada $ 1201,10, naik $ 0,70 atau + 0,06%.

Acara Berita Utama Minggu Lalu
Pada hari Rabu, pemerintah melaporkan bahwa harga produsen AS tiba-tiba jatuh pada bulan Agustus, mencatat penurunan pertama mereka dalam 1-1 / 2 tahun. Departemen Tenaga Kerja mengatakan indeks harga produsen untuk permintaan akhir tergelincir 0,1 persen bulan lalu setelah tidak berubah pada bulan Juli. Penurunan Agustus di PPI adalah yang pertama sejak Februari 2017. Para ekonom sedang mencari peningkatan 0,2 persen pada bulan Agustus.

Core PPI naik 0,3 persen di bulan Juli. Dalam 12 bulan hingga Agustus, PPI inti meningkat 2,9 persen setelah naik 2,8 persen pada Juli.

Pada hari Kamis, pemerintah mengatakan harga konsumen AS naik kurang dari yang diharapkan pada bulan Agustus. Departemen Tenaga Kerja mengatakan Indeks Harga Konsumen meningkat 0,2 persen bulan lalu setelah kenaikan serupa di bulan Juli. Dalam 12 bulan hingga Agustus, CPI meningkat 2,7 persen, turun dari kenaikan 2,9 persen bulan Juli.

CPI inti naik 0,1 persen. Dalam 12 bulan hingga Agustus, CPI inti meningkat 2,2 persen setelah naik 2,4 persen pada bulan Juli.

Para ekonom telah memperkirakan CPI naik 0,3 persen dan CPI inti naik 0,2 persen pada Agustus.

Juga pada hari Kamis, administrasi Trump mengumumkan telah mengundang para pejabat Cina untuk memulai kembali pembicaraan perdagangan.

Pada hari Jumat setelah Departemen Perdagangan AS mengatakan penjualan ritel domestik naik 0,1 persen pada bulan Agustus, kenaikan terkecil dalam enam bulan, tetapi angka Juli direvisi lebih tinggi, mendukung pandangan belanja konsumen yang solid pada kuartal ketiga.

Berita itu membantu mengangkat imbal hasil Treasury, dengan imbal hasil 10 tahun menyentuh 3 persen untuk pertama kalinya dalam enam minggu. Ini membantu menjadikan Dolar AS sebagai investasi yang lebih menarik.

Ramalan cuaca
Emas dapat memulai minggu ini di bawah tekanan jika laporan dari akhir pekan akurat. The Wall Street Journal melaporkan Sabtu, mengutip orang-orang yang akrab dengan masalah bahwa Presiden Trump berencana untuk memberlakukan putaran tarif baru yang menargetkan sekitar $ 200 miliar barang-barang Cina.

Menurut Journal, tarif diperkirakan akan ditetapkan sekitar 10%, menurut orang yang akrab dengan masalah ini, tingkat yang lebih rendah dari kemungkinan tarif 25% yang sebelumnya dilayangkan oleh pemerintah.

Dengan langkah itu, Trump sedang mencoba untuk menekan Beijing menjelang diskusi tingkat tinggi yang direncanakan dan dimaksudkan untuk memberikan pengaruh AS dalam pembicaraan atas dugaan praktik Cina menuntut perusahaan Amerika menyerahkan teknologi untuk melakukan bisnis di negara itu, Journal melaporkan. .

Namun, pedagang dapat berbondong-bondong ke keamanan Dolar AS, menekan harga emas, jika pengenaan tarif baru meningkatkan ketegangan perdagangan antara AS dan China.

Tidak ada laporan ekonomi utama AS minggu ini tetapi imbal hasil Treasury dapat terus bergerak karena investor memposisikan diri menjelang pengumuman suku bunga Fed berikutnya pada 26 September. Pekan lalu, patokan 10 tahun Treasury note mencapai 3 persen, jika terus berlanjut. melalui level ini, penjual bisa memukul emas dengan keras.

Sumber Marketwatch, edit by PT Equityworld Futures Semarang