PT. EQUITYWORLD FUTURES – Harga minyak ditutup lebih tinggi Jumat, mencatatkan kenaikan mingguan lebih dari 12% seiring para pedagang bertahan pada harapan untuk keberhasilan kesepakatan produksi OPEC dapat membantu mengurangi surplus pasokan minyak mentah di dunia.

Minyak mentah West Texas Intermediate Januari menguat 62 sen, atau 1,2%, untuk menetap di level $ 51,68 per barel di New York Mercantile Exchange.

EQUITYWORLD FUTURES Harga naik hampir 13% selama dua sesi terakhir saja, seiring pasar bersorak menyusul kesepakatan antara produsen minyak utama dunia yang dicapai Rabu lalu.

Untuk minggu ini, harga berada sekitar 12,2% lebih tinggi, yang merupakan kenaikan mingguan terbesar sejak pekan yang berakhir pada 2 Januari 2009, menurut data dari Dow Jones.

Minyak mentah Brent naik 52 sen, atau 1%, untuk menetap di level $ 54,46 per barel, Equityworld Futures  dengan harga berdasarkan kontrak bulan depan untuk minyak patokan dunia ini berakhir sekitar 12,9% lebih tinggi untuk minggu ini.

Baik Brent dan minyak mentah WTI menetap di level tertinggi mereka sejak Juli 2015, menurut data dari Dow Jones.

Minyak mentah AS telah mencapai harga pada sesi tertinggi sebesar USD29,66 per barel. Ini mencapai titik terendah dalam 12 tahun dari USD26,05 hari sebelumnya. Untuk minggu ini, harga minyak telah kehilangan 4,7 persen.

Sementara itu, untuk minyak mentah Brent LCOc1 pada bulan depan ditutup naik USD3,30 menjadi USD33,36 per barel, setelah meluncur di bawah USD30 pada perdagangan Kamis. Kerugian yang mendera harga minyak pun tercatat sebesar dua persen.

Sumber: MarketWatch