PT. EQUITYWORLD FUTURES – Emas diperdagangkan sedikit berubah karena investor mengurangi kepemilikan pada dana yang diperdagangkan di bursa untuk hari ke-18, rentang waktu terpanjang sejak Maret 2015.

Logam mulia untuk pengiriman cepat menguat 0.1% di $ 1,171.34  per ons pada 10:32 di London, menurut Bloomberg generic pricing. Harga menyentuh terendahnya sejak 5 Februari pada Senin kemarin.

Emas merosot 8,5% di bulan lalu terkait kemenangan Donald Trump pada pemilu AS sehingga meningkatkan spekulasi bahwa The Fed akan menaikkan suku bunganya di bulan Desember.

PT. EQUITYWORLD Emas naik pada hari Jumat, rebound dari posisi terendah awal, seiring data nonfarm payrolls AS yang optimis tidak mengubah pandangan bahwa Federal Reserve akan terus menggunakan stimulus ekonomi yang ramah bullion guna mendorong pertumbuhan.

Untuk minggu ini, bullion turun 0,7% yang menjadi kerugian mingguan kedua berturut-turut.

Logam kuning jatuh ke terendah satu bulan di awal sesi seiring aksi beli safe haven mengering setelah data menunjukkan pengusaha AS mempekerjakan pekerja lebih banyak dari yang diharapkan pada bulan November dan pertumbuhan pekerjaan masih di jalur stabil tapi lambat.

Namun, pembelian emas muncul dimana pasar kemudian fokus pada revisi turun angka pekerjaan pada bulan September dan Oktober. Sebuah penurunan tajam dalam kepercayaan konsumen pada awal Desember dan aksi short-covering oleh institusi juga mengangkat harga emas.

Analis juga mengatakan bahwa laporan pekerjaan AS yang lebih baik tidak cukup untuk meluluhkan harapan dari buyback Fed lebih lanjut pada aset yang dikenal sebagai pelonggaran kuantitatif (QE) untuk meredakan kekhawatiran tentang tebing fiskal, PT. Equityworld mengacu pada kenaikan pajak dan pemotongan belanja yang siap untuk dimulai di awal tahun depan.

Sumber: Bloomberg