PT. EQUITYWORLD FUTURES – Euro bergerak lebih tinggi dalam perdagangan yang berfluktuasi pada hari Kamis ini karena investor menunggu untuk mendengarkan apakah Bank Sentral Eropa akan memperpanjang atau merubah program pelonggaran kuantitatif pada pertemuan kebijakan yang sedang dinantikan pada hari ini.

Mata uang bersama ini naik menjadi $ 1,0795, naik dari $ 1,0755 akhir Rabu kemarin di New York. Euro sempat menembus $ 1,08 untuk pertama kalinya sejak pertengahan November. Sebelumnya Rabu, euro diperdagangkan dengan sedikit kerugian, karena kehati-hatian menjelang pertemuan ECB terus membuat pedagang waspada.

EQUITYWORLD FUTURES Euro berada di bawah tekanan dalam pembukaan sesi perdagangan Asia Kamis (10/03) hari ini menjelang rapat Bank Sentral Eropa (ECB) yang hasilnya akan diumumkan malam nanti. EUR/USD menurun 0.1 persen pada angka 1.0986, dan tergelincir sekitar 0.2 persen terhadap Yen ke angka 124.39.

Para pejabat di bank sentral tersebut diperkirakan akan mengambil langkah lebih lanjut terhadap kebijakan longgar yang telah mereka jalankan selama ini. Sebagai informasi, bank-bank sentral dunia sedang dilanda tren kebijakan moneter longgar. Selain ECB dan BoJ, pagi tadi Bank Sentral New Zealand (RBNZ) memutuskan untuk memotong tingkat suku bunganya sebanyak 10 basis poin menjadi 2.25 persen.

ECB diperkirakan akan memotong suku bunga depositnya lagi sebanyak 10 basis poin menjadi minus 0.40 persen serta akan mengumumkan tambahan pembelian aset, Equityworld Futures sebelas-dua belas dengan apa yang dilakukan oleh Bank Sentral Jepang (BoJ) untuk mendorong tingkat inflasi, demikian hasil polling yang dilakukan oleh Reuters yang diterbitkan pada hari Senin lalu.

Sumber: MarketWatc