PT. EQUITYWORLD FUTURES – Minyak berjangka pada hari Selasa menetap di level tertinggi sejak Juli 2015 setelah pengawas energi mengangkat proyeksi permintaan minyak global untuk tahun ini dan memperkirakan bahwa rencana pengurangan output oleh negara-negara penghasil minyak utama akan dapat menstabilkan harga.

Minyak mentah West Texas Intermediate (WTI) untuk pengiriman Januari diperdagangkan didekat 15 sen atau 0,3 %, untuk menetap di level $ 52,98 per barel setelah diperdagangkan dilevel tertingginya $ 53,41. Minyak mentah Brent menguat 3 sen atau kurang dari 0,1 %, ke level $ 55,72 per barel di bursa ICE Futures di London. Harga minyak untuk keduanya WTI dan Brent naik tipis di atas penetapan harga hari Senin untuk kembali menandai pada level tertinggi mereka dalam kurun waktu sekitar 17 bulan terakhir.

EQUITYWORLD FUTURES OPEC pada akhir November lalu menyetujui untuk memangkas produksinya sebesar 1,2 juta barel per hari. Selama akhir pekan, 11 negara non-OPEC termasuk Rusia setuju untuk mengurangi output mereka sebesar 558 000 barel per hari. Jumlah keseluruhan menunjukkan hampir 2 % dari pasokan global.

Minyak mentah WTI dan Brent menetap pada level tertinggi dalam lebih dari sebulan.

Sementara di Nymex, bahan bakar bensin September naik 2,2 sen, atau 1,6%, ke level $ 1,423 per galon dan minyak pemanas September berada di 1,1 sen, atau 0,8%, di level $ 1,461 per galon.

Gas alam September naik 2,7 sen, atau 1%, menjadi $ 2,617 per juta British thermal unit. Emas berjangka menuju level yang lebih tinggi pada Selasa ini, membukan kenaikan back-to-back seiring penurunan dolar dan penurunan di pasar saham AS sehingga mendorong minat investasi di logam.

Emas berjangka menetap lebih tinggi Selasa, pada level tertinggi dalam hampir dua pekan, Equityworld Futures diikuti penurunan dolar dan penurunan di pasar saham AS menaikkan minat investor di logam mulia.

Emas Desember naik $ 9,40, atau 0,7%, untuk menetap di $ 1,356.90 per ons. Itu merupakan penyelesaian tertinggi sejak 4 Agustus, menurut data

Sumber : Market Watch