PT. EQUITYWORLD FUTURES – Emas menguat dari penutupan terendahnya dalam 10 bulan karena para pedagang membendung setiap kejutan potensial dari pertemuan The Fed AS di mana para pembuat kebijakan diharapkan dapat meningkatkan suku bunga untuk pertama kalinya tahun ini.

Emas berjangka naik 0,5 persen ke $ 1,165.30 per ons pada 9:46 pagi di Comex, New York. Logam mulia ditutup pada $ 1.159 hari Selasa ini, terendahnya sejak 5 Februari. Pedagang memberikan peluang pada kesempatan sebesar 100 persen bahwa The Fed akan meningkatkan biaya pinjaman Rabu sore nanti, menurut Fed funds futures rate.

The Federal Reserve diharapkan menaikkan suku bunga untuk kedua kalinya dalam satu dekade pada pertemuan dua hari yang dimulai pada Selasa. Tapi waktu kenaikan diprediksi baru terjadi pada tahun depan.

EQUITY WORLD “Pernyataan The Fed jauh lebih penting pada saat ini, daripada kenaikan suku bunga karena diharapkan bahwa tarif akan meningkat pada pertemuan ini,” kata analis ICBC Standard Bank Tom Kendall.

Sementara itu, indeks dolar, yang mengukur greenback terhadap mata uang utama, mendekati level tertinggi dalam 10 bulan terpicu lonjakan harga minyak.

Ini menempatkan tekanan lebih lanjut pada harga emas dan kenaikan terhadap imbal hasil Treasury bertenor 10 tahun AS ke level tertinggi dalam dua tahun.

Emas tidak membayar bunga, kenaikan pendapatan dari obligasi AS dipandang sebagai negatif untuk logam.  Equity world Emas juga sangat sensitif terhadap kenaikan suku bunga.

Sementara harga perak tercatat stabil di posisi US$ 16,85 per ounce. Sedangkan platinum naik 0,3 persen menjadi US$ 917,45 dan Palladium naik 0,9 persen pada US$ 723,47.

Sumber: Bloomberg