PT. EQUITYWORLD FUTURES – Emas berjangka pada hari Jumat rebound dari level terendah lebih dari 10 bulan, tapi masih ditutup lebih rendah untuk minggu ini – kerugian mingguan keenam beruntun.

Emas untuk pengiriman Februari naik $ 7,60, atau 0,7%, untuk sesi ini menetap di level $ 1,137.40 per ons. Emas mengembalikan sebagian kerugian baru-baru ini setelah pada hari Kamis turun 2,9% untuk mencatatkan settlement terendah sejak awal Februari, tertekan oleh reli dalam dolar AS yang mengikuti keputusan Federal Reserve untuk menaikkan suku bunga. Untuk minggu ini, harga emas turun sekitar 2,1%.

EQUITYWORLD FUTURES Jumat minggu lalu, perdagangan emas di tutup dengan keuntungan tajam menjelang pertemuan FOMC Minutes AS dan hari kedua Testimoni kepala Federal Reserve AS Janet Yellen pada Kamis (20/2) mendatang, yang sempat di tunda karena Ancaman badai pada minggu lalu.

Emas menguat untuk sesi kedelapan beruntun dan mencetak kenaikan sebesar 4.4% untuk pekan ini, di picu oleh kombinasi dari kenaikan permintaan fisik dan kegelisahan ekonomi. Permintaan emas fisik dari arus masuk ke bursa terbesar yang memperdagangkan emas naik pada pekan ini, dengan kepemilikan investasi naik sekitar 1.2% pada hari Kamis dari level Jumat lalu di Comex New York Mercantile Exchange.

Emas menyelesaikan sesi perdagangan Jum’at (14/2) dengan keuntungan sebesar $18.50 atau 1.4% berakhir pada level yang sama pada $1318.60. Sebelumnya harga emas spot sempat diperdagangkan hingga setinggi $1321.30 dan serendah $1299.85. Emas spot mencatatkan keuntungan mingguan sebesar $55.70 atau 4.09%.

Sementara Selama sesi perdagangan pekan lalu harga emas diperdagangkan dengan kenaikan tajam, kenaikan yang juga didukung oleh kenaikan perdagangan ETF emas dipasar emas fisik terbesar didunia. Equityworld Futures SPDR Gold Trust mencatatkan arus masuk pembelian emas secara fisik naik sebesar 7.5 ton menjadi 806.35 ton pada sesi perdagangan Kamis (13/2) , menandai keuntungan tersebesar sejak akhir Desember.

Sumber: MarketWatch