PT. EQUITYWORLD FUTURES – Minyak memperpanjang gainnya seiring data industri menunjukkan stok minyak mentah AS turun pekan lalu.

Berjangka Februari naik 0,9 persen di New York setelah naik 0,5 persen pada hari Selasa. Stok minyak mentah turun 4.150.000 barel, American Petroleum Institute mengatakan dalam laporan. Hal itu dibandingkan dengan perkiraan 2,5 juta barel penurunan yang diharapkan dalam laporan Energy Information Administration pada hari ini.

EQUITYWORLD FUTURES Libya membuka kembali dua lahan terbesar minyaknya dan bersiap untuk memuat kargo minyak mentah pertama dalam dua tahun dari terminal ekspor terbesar negara tersebut.

West Texas Intermediate untuk pengiriman Februari bertambah 10 sen ke level $ 53,40 per barel pada pukul 09:38 pagi waktu New York Mercantile Exchange. Total volume perdagangan sekitar 30 persen di rata-rata bawah 100-hari.

Harga minyak sempat melonjak di sesi terakhir ,terimbas pemadaman di Afrika dan Kanada serta penurunan produksi di AS yang memicu ekspektasi soal pasokan. Beberapa analis memperingatkan bahwa harga tetap bisa turun karena pasar masih kelebihan pasokan.

“Dengan harga minyak sekarang hampir di posisi US$ 50  per barel. Kita merasa bahwa pasar telah bergerak terlalu tinggi, terlalu jauh, terlalu cepat,” kata analis BNP Paribas dalam catatannya.

Brent untuk pengiriman Februari melemah 6 sen ke level $ 55,29 per barel di ICE Futures Europe exchange yang berbasis di London. Equityworld Futures Minyak mentah acuan global diperdagangkan pada premium $ 1,89 untuk WTI.

Sumber: Bloomberg