PT. EQUITYWORLD FUTURES – Harga emas beranjak lebih tinggi Jumat, berada pada kecepatan untuk mengakhiri penurunan tiga sesi beruntun, namun logam mulia masih terlihat menuju torehan penurunan mingguan ketujuh beruntun.

Pada awal perdagangan, emas untuk pengiriman Februari beringsut naik $ 1,50, atau 0,1%, ke level $ 1,132.20 per ounce. Untuk minggu ini, emas turun sekitar 0,5%.

PT. EQUITYWORLD Emas telah diperdagangkan lebih tinggi seiring terhentinya reli indeks dolar setelah mencapai posisi 14 tahun tinggi awal pekan ini. Logam mulia telah jatuh 3,7% sejauh bulan Desember, terbebani oleh suku bunga yang lebih tinggi dan dolar AS.

Indeks dolar turun 0,1% menjadi 102,99. Indeks dolar, yang mengukur kekuatan uang terhadap sekeranjang enam mata uang, pada hari Selasa ditutup di level 103,25, mencatatkan level tertinggi sejak Desember 2002, menurut data FactSet.

Penurunan Jumat datang seiring berkurangnya gelombang baru-baru ini di pasar saham AS menjelang musim liburan Desember.

Emas Desember turun $ 5,20, atau 0,4%, ke $ 1,329.30 per ons. Meskipun menurun di akhir minggu, emas pekan lalu berhasil menguat 0,6%. Namun, harga berada di satu minggu terendah pada Jumat setelah pembicaraan The Fed membuat gejolak pada pasar.

Pada hari Senin, perak Desember tercatat bergerak lebih agresif dengan penurunan sebesar 53 sen, atau 2,7%, ke $ 18,84 per ons setelah berakhir datar pada pekan lalu. Jika kerugian tersebut bertahan sampai penutupan, PT. Equityworld perak akan masuk kedalam penutupan terendah dalam lebih dari seminggu terakhir.

Sumber: MarketWatch