PT. EQUITYWORLD FUTURES – Minyak memperpanjang kenaikan beruntun terpanjang dalam lebih dari empat bulan sebelum OPEC dan negara-negara produsen lainnya mulai melakukan pengurangan produksi untuk menstabilkan pasar.

Futures menguat 0,5 persen di New York, naik untuk sesi ketujuh. Harga bersiap untuk pulih tahun depan seiring pengurangan produksi membantu untuk menyeimbangkan pasar kembali yang sedang berada dalam kelebihan pasokan, Arab Saudi Menteri Energi Khalid Al-Falih mengatakan pekan lalu.

EQUITY WORLD OPEC dan 11 negara lain di luar OPEC termasuk Rusia telah sepakat untuk memangkas sekitar 1,8 juta barel per hari tahun depan.

West Texas Intermediate untuk pengiriman Februari naik 25 sen ke level $ 53,27 per barel di New York Mercantile Exchange pada pukul 16:06 waktu Dubai setelah naik sebanyak 0,7 persen. Tidak ada perdagangan pada hari Senin seiring libur Natal. Total volume perdagangan yakni sekitar 60 persen di bawah rata-rata 100-hari.  Harga naik 44 persen tahun ini.

Brent untuk pengiriman Februari menguat 7 sen ke level $ 55,23 per barel di ICE Futures Europe exchange yang berbasis di London. Kontrak naik 11 sen ke level $ 55,16 pada hari Jumat. Minyak acuan global ini berada pada premi sebesar $ 1,98 untuk WTI.

Minyak mentah telah merosot sekitar 47 persen pada tahun lalu di tengah spekulasi surplus akan bertahan seiring Organisasi Negara Pengekspor Minyak terus memompa di atas kuota mereka. Arab Saudi bekerja sama dengan produsen dalam dan di luar 12-anggota kelompok untuk menstabilkan pasar, Menteri Perminyakan Saudi Ali al-Naimi mengatakan di Bahrain. Harga akan naik tahun depan seiring penawaran dan permintaan ulang saldo, menurut Matar al-Neyadi, wakil menteri energi untuk Uni Emirat Arab.

West Texas Intermediate untuk pengiriman Desember, yang berakhir pada hari Jumat, Equityworld turun 13 sen kelevel $ 40,41 per barel di New York Mercantile Exchange. Kontrak turun 21 sen ke level $ 40,54 pada hari Kamis, atau penutupan terendah sejak 26 Agustus. Kontrak aktif masa Januari naik 8 sen ke level $ 41,80 pada pukul 03:11 siang waktu Hong Kong. Total volume sekitar 35 persen di bawah rata-rata 100-hari.

Sumber: Bloomberg