PT. EQUITYWORLD FUTURES – Emas diperdagangkan mendekati level terendah empat bulan setelah data menunjukkan hedge funds memotong bullish bets terhadap logam di tengah kemerosotan berkepanjangan.

Emas berjangka untuk pengiriman Desember diperdagangkan di $ 1,254.80 per ons pada pukul 06:47 pagi di New York. Logam ini telah turun 4,8 persen dalam bulan ini, memangkas kenaikan tahun ini menjadi 18 persen terkait prospek untuk biaya pinjaman AS yang lebih tinggi.

Manajer keuangan memotong taruhan net-long sebesar 25 persen menjadi 153.776 kontrak pada pekan yang berakhir pada 11 Oktober, menurut data dari Komisi Perdagangan Berjangka Komoditi AS yang dirilis pada hari Jumat. Dalam dua laporan terakhir, posisinya telah jatuh sekitar 108.000 kontrak, penurunan terbesar dalam data akan kembali dalam satu dasarwasa.

EQUITYWORLD FUTURES Keuntungan pada tahun 2016 telah terkikis karena investor berusaha untuk menentukan apakah Federal Reserve akan menambah kenaikan pada Desember tahun lalu, dan jika demikian, ketika pengetatan mungkin terjadi.

Harga emas sedikit berubah di dekat posisi terendah empat bulan pada Senin, seiring menguatnya dolar AS terus mengurangi permintaan untuk logam mulia.

Di divisi Comex New York Mercantile Exchange, emas berjangka untuk pengiriman Desember turun mencapai $ 1,250.70 saat penulisan.

Kontrak Desember berakhir sesi Jumat 0,17% lebih rendah pada $ 1,255.50 per ounce.

Kemungkinan besar akan mencari support di $ 1,249.5, rendah dari Oktober 7 dan empat bulan rendah dan resistance pada $ 1,259.00, high dari 13 Oktober.

Harga emas masih di bawah tekanan seiring data optimis AS Jumat terus dolar AS di puncak tujuh bulan terhadap mata uang utama lainnya.

Sebuah penguatan AS dolar biasanya beratnya pada emas, karena mengimbangi daya tarik logam sebagai aset alternatif dan membuat komoditi yang dihargakan dalam dolar lebih mahal bagi pemegang mata uang lainnya.

Greenback menguat secara luas setelah penjualan ritel AS naik 0,6% pada bulan September, sesuai dengan harapan dan setelah direvisi 0,2% penurunan bulan sebelumnya.

Selain itu, indeks harga produsen AS naik 0,3% pada bulan September, Equity world Futures  dibandingkan dengan ekspektasi untuk kenaikan 0,2%.

Data optimis ditambahkan dengan ekspektasi untuk kenaikan suku AS mendatang setelah menit dari pertemuan kebijakan September Federal Reserve menunjukkan pekan lalu bahwa beberapa anggota voting percaya kenaikan suku bunga akan dibenarkan “relatif segera” jika ekonomi AS terus menguat.

Di tempat lain dalam perdagangan logam, perak berjangka untuk pengiriman Desember naik 0,09% pada $ 17,457 per troy ounce, sementara tembaga untuk pengiriman Desember naik 0,12% ke $ 2,113 per pon.

Sumber: Bloomberg