PT. EQUITYWORLD FUTURES – Minyak menuju kenaikan mingguan pertama dalam sebulan karena persediaan minyak mentah AS yang membengkak terus menyusut dan dua anggota OPEC mengatakan ada konsensus untuk memperpanjang pemangkasan pasokan Juni lalu.

Minyak berjangka sedikit berubah di New York setelah naik 4,3 persen dalam dua sesi sebelumnya. Cadangan minyak mentah A.S. telah memperpanjang penurunan dari level rekor yang ditetapkan pada akhir bulan Maret, turun lebih cepat dan lebih awal dari rata-rata lima tahun terakhir.

PT. EQUITYWORLD OPEC dan sekutu-sekutunya mendukung perpanjangan produksi untuk enam bulan berikutnya, Jabbar Al-Luaibi dan Noureddine Boutarfa dari Aljazair mengatakan pada hari Kamis dalam sebuah konferensi pers bersama di Baghdad.

Minyak rebound dari penurunan tiga minggu setelah turunnya persediaan minyak mentah AS yang lebih besar dari perkiraan, yang dianggap sebagai indikator tertinggal dari menyeimbangkan kembali pasar oleh Goldman Sachs Group Inc. Sementara anggota Organisasi Negara-negara Pengekspor Minyak (OPEC) terus melakukan pemangkasan, kekhawatiran tetap mengenai laju kenaikan produksi Amerika yang diperkirakan EIA akan naik ke rekor pada tahun depan.

Minyak mentah West Texas Intermediate untuk pengiriman Juni berada di level $ 47,84 per barel di New York Mercantile Exchange, naik 1 sen, pada pukul 8 pagi di Hong Kong. Total volume yang diperdagangkan sekitar 79 persen di bawah rata-rata 100 hari. Harga minyak naik 50 sen untuk ditutup di $ 47,83 pada hari Kamis dan naik 3,5 persen dalam seminggu.

Minyak Brent untuk pengiriman Juli berada di level $ 50,74 per barel di ICE Futures Europe exchange yang berbasis di London, turun 3 sen. Kontrak tersebut naik 55 sen atau 1,1 persen menjadi $ 50,77 per barel pada hari Kamis. PT Equityworld Harga Brent naik 3,4 persen minggu ini. Minyak mentah acuan global sampai bulan Juli diperdagangkan lebih besar $ 2,58 dari WTI.

Sumber: Bloomberg