PT.EQUITYWORLD FUTURES Emas berjangka menetap di atas $ 1.200 per ons Rabu karena kekhawatiran tentang negosiasi perdagangan dan kelemahan dalam dolar membantu meningkatkan daya tarik investasi logam.

Emas Desember GCZ8, + 0,28% ditambahkan $ 2,20, atau 0,2%, untuk menetap di $ 1,201.30 per ounce, setelah menyelesaikan sesi Selasa turun 0,6%, menetap di bawah level psikologis di $ 1.200 untuk pertama kalinya sejak 23 Agustus, menurut data FactSet.

Kekhawatiran tentang sengketa tarif, terutama antara AS dan rekan-rekan lama Kanada dan bentrokan antara Washington dan Beijing, dengan tarif China yang ditetapkan untuk menendang dalam minggu ini, telah mengganggu para investor. Prospek ekonomi pasar berkembang juga telah mendorong serentetan kecemasan baru-baru ini di Wall Street. Indeks utama yang melacak saham AS diperdagangkan sebagian besar lebih rendah pada hari Rabu.

Kegembiraan itu akhir-akhir ini telah membantu memperkuat dolar AS lebih tinggi dalam sesi terakhir, tetapi telah menawarkan emas, surga tradisional, beberapa dukungan Rabu.

“Sentuhan daya tarik safe haven sebagai EM penularan berdarah ke pasar ekuitas,” telah memberikan “secercah harapan untuk bull emas terkepung,” kata Stephen Innes, kepala perdagangan, Asia Pasifik, di platform perdagangan online OANDA, dalam pembaruan email Rabu.

Harga komoditas dalam dolar sering berbanding terbalik dengan dolar, karena pergerakan di unit AS dapat memengaruhi daya tarik komoditas tersebut bagi pemegang mata uang lainnya. Ukuran kekuatan uang, Indeks Dolar AS Dollar AS, DXY -0,10% turun 0,3% pada 95,188 pada transaksi Rabu. Indeks diperdagangkan kurang dari 0,1% lebih tinggi minggu ini sejauh ini.

Pada hari Selasa, dolar menguat lebih lanjut setelah laporan manufaktur dari Institute for Supply Management untuk Agustus datang di tertinggi 14 tahun 61,3% h dari 58,1% pada Juli, melampaui perkiraan untuk 57,9% dari ekonom yang disurvei oleh MarketWatch. Pembacaan lebih dari 50 menunjukkan aktivitas yang meluas.

“Logam kuning turun di bawah level harga $ 1.200 karena fundamental AS menguat setelah data manufaktur positif menegaskan laju stabil ekonomi Amerika,” Alfonso Esparza, ahli strategi senior di OANDA, menulis dalam catatan hari Rabu.

“Risiko perang perdagangan tetap berada di radar karena tarif tambahan AS di China ditetapkan untuk menendang dalam minggu ini dan komentar akhir pekan dari Presiden Trump tidak membantu negosiasi perdagangan AS-Kanada,” tulisnya.

Sementara itu, perak Desember SIZ8, + 0,18% ditempelkan pada 4 sen, atau 0,3%, menjadi $ 14,22 per ounce, setelah penutupan Selasa dengan kerugian 2,6%.

Dalam produk logam yang diperdagangkan di bursa, SPDR Gold ETF GLD yang populer, + 0,35% dan iShares Silver Trust SLV, + 0,30% keduanya naik 0,3%.

HGZ8 tembaga Desember, + 0,65% ditutup naik 0,3% menjadi $ 2,61 per pon, setelah melihat penurunan tajam 2,6% pada hari Selasa. Oktober platinum PLV8, + 0,27% ditambahkan 0,8% menjadi $ 784,30 per ons, sementara paladium PAZ8 Desember, + 0,06% turun hampir 0,7% menjadi $ 961,20 per ounce.

 

Sumber Marketwatch, edit by PT Equityworld Futures Semarang