PT.EQUITYWORLD FUTURES Emas sedikit lebih tinggi pada hari Kamis, didukung oleh prospek teknis yang membaik setelah mendaki tonggak kunci sebagai pasar terus bertahan terhadap dolar yang lebih kuat. Spot emas naik 0,2% pada $ 1,224.38 per ons pada 11,38 am GMT. Emas berjangka AS datar pada $ 1,227.40.

“Secara keseluruhan, kami secara teknis melanggar di atas level tertinggi sebelumnya, sehingga akan sulit bagi harga emas untuk bergerak di bawah itu,” kata analis ABN AMRO Georgette Boele. “Saya pikir gambaran keseluruhan telah membaik.”

Aksi jual pasar saham global pada hari Senin menambahkan beberapa daya tarik untuk emas, membantu harga ke puncak dua setengah bulan dari $ 1,233.26. Emas juga telah menguji resistance dekat rata-rata pergerakan 100 hari, sekitar $ 1,226, dengan beberapa analis mengatakan penembusan di atas level tersebut dapat memicu kenaikan lebih lanjut. “Yang semakin meremas sekarang adalah celana pendek,” kata Beole.

Indeks dolar bertahan dekat satu minggu tertinggi setelah risalah Federal Reserve AS dari pertemuan terakhirnya menegaskan kembali sikap hawkish pada kebijakan moneter, biasanya sinyal bearish untuk emas.

“Emas telah bertahan cukup baik, mengingat bahwa dolar telah menguat. Ia menerima dukungan dari aliran dana pertukaran asing (ETF), ”tulis analis Commerzbank dalam catatan, menambahkan bahwa sentimen di antara investor ETF tampaknya telah berubah positif.

Kepemilikan SPDR Gold Trust, ETF emas terbesar yang didukung, telah memperoleh lebih dari 2% sejak 3 Oktober.

“Faktor-faktor geopolitik dan ekonomi makro masih belum menunjukkan kegembiraan dan selera risiko kembali ke pasar dengan kecepatan penuh,” kata analis Religare Securities, Sugandha Sachdeva.

Keprihatinan perdagangan-perang, Fed yang hawkish dan ketegangan baru-baru ini antara AS dan Arab Saudi adalah beberapa faktor yang cenderung membebani selera untuk aset berisiko. Ini menjadi pertanda baik bagi emas sebagai lindung nilai terhadap volatilitas pasar dan pengalih portofolio, Sachdeva menambahkan.

Perdana Menteri Inggris Theresa May dan para pemimpin nasional Uni Eropa bertemu pada hari Rabu untuk membahas bagaimana menangani satu-satunya perbatasan darat mereka, antara provinsi Inggris Irlandia Utara dan Irlandia, sebuah masalah yang menghambat perundingan Brexit.

Dalam logam lain, perak turun 0,5% menjadi $ 14,54 per ons, setelah sebelumnya menyentuh terendah sejak 11 Oktober di $ 14,41. Platinum turun 0,1% pada $ 831.10 setelah mencapai satu minggu terendah $ 822,75, sementara paladium naik 0,5% menjadi $ 1,074.

Sumber Marketwatch, diedit oleh  PT Equityworld Futures Semarang