PT. EQUITYWORLD FUTURES – Emas berjangka tergelincir pada hari Kamis, memperpanjang pelemahan terbaru setelah membukukan kinerja bulanan terburuk dalam lebih dari tiga tahun ketika investor menghindari aset haven untuk saham-saham berisiko dan minyak.

Penurunan emas terbatas, namun, seperti saham, minyak, imbal hasil obligasi dan dolar melambung setelah mengalami kenaikan di awal minggu. Namun sebagian besar analis melihat sedikit perubahan untuk gambaran fundamental yang mendasari harapan dolar dan suku bunga, yang merupakan salah satu faktor yang paling berpengaruh untuk logam.

EQUITYWORLD FUTURES Emas untuk pengiriman bulan Februari tergelincir 90 sen, atau kurang dari 0,1%, menjadi $ 1,173.20 per ons. Dengan penutupan perdagangan pada hari Rabu, kontrak bulanan emas terpangkas 8% dari harga pada bulan November, persentase kerugian satu bulan terburuk sejak Juni 2013, menurut data dari Dow Jones.

Emas mencapai empat pekan pada hari Senin, memperpanjang aksi jual dalam sesi keempat berturut-turut sebagai sinyal teknis memburuk dan investor cemas bahwa Federal Reserve akan menaikkan suku bunga AS tahun ini.Logam gagal untuk mendapatkan keuntungan dari penurunan dolar setelah survei suram pabrik Cina memberikan dukungan untuk mata uang safe haven seperti yen. AS dan saham Eropa naik.Spot emas turun menjadi $ 1,132.35 per ounce, terendah sejak 5 Oktober, di perdagangan sebelumnya dan turun 0,6 persen pada $ 1,134.70. Ini turun hampir 2 persen pekan lalu, kinerja terburuk mingguan di sembilan minggu. Equityworld Futures Emas berjangka AS untuk pengiriman Desember ditutup turun 0,5 persen pada $ 1,135.90 per ounce.

Sumber: MarketWatch