PT.EQUITYWORLD FUTURES Harga emas naik Selasa karena dolar A.S. jatuh ke posisi terendah tiga tahun baru, namun sebuah
berakhir dengan ketidakpastian yang diciptakan oleh pemerintah A.S. tiga hari shutdown capped gain. Spot emas naik 0,3 persen pada $ 1,337.36 per ounce di 1:38 p.m. EST (1838 GMT) setelah menyentuh ketinggian satu minggu $ 1,339.09, sedangkan emas berjangka A.S. untuk pengiriman Februari mencapai $ 4,80, atau 0,4 persen, pada $ 1,336.70 per ounce.  “Kelanjutan kelemahan dalam dolar adalah dorongan mendukung komoditas di seluruh papan, “kata David Meger, direktur perdagangan logam di High Ridge Futures di Chicago.
Indeks dolar jatuh ke level terendah tiga tahun baru terhadap sekeranjang enam mata uang, setelah data menunjukkan zona euro
kepercayaan konsumen melonjak lebih dari yang diperkirakan pada bulan Januari,menggarisbawahi momentum kuat dalam konominya.  Melemahnya greenback membuat aset berdenominasi dolar seperti emas lebih murah bagi pemegang mata uang lainnya.    Emas hampir tidak terpengaruh oleh shutdown disesi sebelumnya Bullion diperdagangkan dalam kisaran ketat setelah A.S. Senat memilih untuk mengeluarkan rencana pengeluaran sementara sampai 8 Februari akhiri shutdown pemerintah  Pasar ekuitas sejak saat itu naik, namun beberapa pasar peserta mondar-mandir untuk koreksi, kata Josh Graves, strategi komoditas senior di RJO Futures di Chicago.
“Ekuitas semakin berlebihan, jadi Anda lebih banyak melihat pria posisi setidaknya untuk koreksi jangka pendek, “katanya.  Pasar juga mengantisipasi suku bunga A.S. yang diharapkan meningkat di bulan Maret, yang bisa mempengaruhi emas.   “Antisipasi kenaikan Maret bisa menjadi tambahan berat untuk emas, meski mengingat ini sekarang banyak diantisipasi, Resiko penurunan harus dibatasi dan reaksi emas fungsinya cenderung asimetris, “kata UBS dalam sebuah catatan.  Imbal hasil Treasury Treasury AS pada akhir tahun tercatat turun ke a terendah lima hari, sementara imbal hasil obligasi 30-tahun merosot ke level terendah satu minggu.

Penurunan hasil biasanya membuat emas lebih menarik bagi non-A.S.investor.  Perekonomian A.S. kemungkinan akan tumbuh pada tahun 2018 pada tingkat tercepat kecepatan dalam tiga tahun, didorong oleh perombakan pajak terbesar sejak tahun 1980an, menurut jajak pendapat Reuters lebih dari 100 ekonom.  Pertumbuhan ekonomi yang lebih cepat di ekonomi terbesar di dunia akan terjadi meningkatkan kemungkinan kenaikan suku bunga dan mengurangi tingkat suku bunga mengajukan banding atas bullion tanpa bunga. Di antara logam mulia lainnya, platinum 0,8 persen lebih rendah pada $ 1.002,80 per ounce, turun dari lebih dari empat bulan tersentuh tinggi di sesi sebelumnya.
Perak turun 0,5 persen pada $ 16,92 per ounce setelah menyentuh level terendah $ 3-1 / 2 minggu di $ 16,73.Palladium 0,9 persen lebih rendah pada $ 1,087.97 an

Perjanjian kerahasiaan, akan memudahkan konsumen untuk membeli emas. Pemutar media: “Space” untuk dimainkan, “M” untuk bisu, “kiri” dan “benar” untuk dicarinya.
AUDIO: Kepala Eksekutif Perth Mint Richard Hayes berbicara tentang rencana untuk mengembangkan produk kripto-emas (ABC News)
The mint juga berencana untuk menggunakan teknologi blockchain, yang pertama kali digunakan sebagai komponen inti dari mata uang digital Bitcoin, di mana ia bekerja sebagai buku besar untuk transaksi.

Dalam 10 tahun sejak awal, blockchain telah digunakan untuk melacak transaksi di industri dari pertanian hingga pendaftaran tanah dan industri rekaman musik.Bagi Mint Perth, kebutuhan untuk membawa investor kembali ke logam mulia setelah terjadi booming investasi alternatif seperti kripto yang menimbulkan peluang, menurut chief executive Richard Hayes.

“Saya pikir saat dunia bergerak melewati masa ketidakpastian yang meningkat, Anda melihat orang mencari penawaran alternatif,” katanya.Tampaknya ada hubungan terbalik antara Bitcoin dan emas: satu bergerak ke atas, yang lainnya bergerak ke bawah; satu bergerak ke bawah, yang lain bergerak ke atas.Berdasarkan analisis Elliott Wave, Bitcoin tampaknya telah membuat level rendah baru dan siap bergerak ke atas dalam minggu depan.

Bitcoin Investment Trust adalah instrumen bebas margin yang diperdagangkan di OTC dan memungkinkan trader dengan strategi yang ditetapkan untuk memanfaatkan volatilitas ekstrim Bitcoin.Emas nampaknya akan memasuki periode bearish yang menunjukkan bahwa Anda harus menjual emas.Berdasarkan analisis saya, Anda harus membeli Bitcoin dan menjual emas dalam minggu depan.

Saat saya membaca laporan terakhir yang saya terbitkan di Seeking Alpha pada 8 Januari 2018, “Bitcoin: A Trader’s Dream” dan komentarnya, saya tidak dapat membantu untuk melihat hubungan Bitcoin dan emas sejak awal lahirnya Bitcoin. pasar berjangka pada tanggal 10 Desember 2017. Yang saya temukan adalah hubungan yang sangat menarik antara harga Bitcoin dan emas sebagai hubungan antar pasar.

Apa yang kita lihat dengan fenomena Bitcoin adalah penciptaan mata uang virtual yang telah memantapkan dirinya sebagai aset utama. Bila Anda melihat jumlah kapitalisasi yang diambil dari pasar, baik di emas dan perak atau saham dan obligasi – kita benar-benar tidak tahu dari mana – mendekati $ 1 triliun telah masuk ke Bitcoin. Kenaikan harga Bitcoin telah melampaui hampir semua hal dalam sejarah. Yang saya anggap menarik adalah ketika Anda menganalisis apa yang telah terjadi, ini telah menunjukkan apa yang dapat terjadi pada struktur harga aktual aset di lingkungan perusahaan bebas yang tidak dikendalikan oleh bank sentral atau pemerintah. Ini telah mempertanyakan proses penemuan aktual nilai wajar dalam aset apa pun di seluruh dewan, termasuk emas, perak, saham, obligasi, dan setiap aset lainnya. Anda bisa melihat aset lain dan mulai melihat bahwa aset ini telah menjadi produk manipulasi utama dalam 90 tahun terakhir setidaknya. Perbedaannya adalah teknologi sekarang meruntuhkan tabir manipulasi itu dan membiarkan publik melihat apa yang bisa dilakukan dengan teknologi luar biasa ini di balik Bitcoin yang sebenarnya merupakan sumber permintaan kriptocurrency yang luar biasa: teknologi Blockchain.

 

Sumber Marketwatch, edit by PT Equityworld Futures Semarang
ons.