PT.EQUITYWORLD FUTURES Emas turun tipis pada awal hari Rabu karena dolar menguat dengan investor menunggu petunjuk kenaikan suku bunga AS menyusul pertemuan kebijakan dua hari Federal Reserve.Spot emas turun 0,3 persen ke $1,267.80 per ons pada pukul 01:06 GMT.Emas berjangka AS untuk pengiriman Desember turun 0,1 persen menjadi $1,268.80.Indeks dolar, yang mengukur mata uangnya terhadap sekeranjang enam saingan utama, naik 0,1 persen.

Kepercayaan konsumen AS melonjak ke level tertinggi 17 tahun di bulan Oktober, dengan rumah tangga optimis mengenai pasar tenaga kerja dan kondisi bisnis, yang dapat mendukung belanja konsumen dan meningkatkan ekonomi dalam tiga bulan terakhir dalam setahun.The Fed dijadwalkan untuk merilis pernyataannya setelah pertemuannya pada hari Rabu pukul 2 siang. EDT.

Investor juga menunggu penamaan kursi Ketua The Fed berikutnya yang kemungkinan dilakukan pada hari Kamis, pertemuan kebijakan Bank of England pada hari Kamis dan lebih banyak data, termasuk angka payroll AS yang akan dirilis pada hari Jumat.Minyak memperpanjang kenaikan di atas $54 per barel karena data dari industri AS menunjukkan persediaan minyak mentah dan bensin turun pada minggu lalu.

Minyak berjangka menambahkan 0,4 persen di New York setelah naik 4,2 persen dalam empat sesi hingga Selasa kemarin. Stok minyak mentah turun 5,09 juta barel, sementara pasokan bensin turun 7,7 juta pada pekan lalu, American Petroleum Institute (API) melaporkan. Persediaan minyak AS mungkin turun untuk kelima kalinya dalam enam minggu terakhir, menurut survei Bloomberg sebelum data pemerintah Rabu.

Minyak mentah acuan global Brent mencapai $60 per barel pada bulan lalu untuk pertama kalinya sejak Juli 2015, sementara West Texas Intermediate melonjak ke level tertinggi delapan bulan ketika Arab Saudi dan Rusia memberi isyarat untuk memperpanjang pemangkasan pasokan hingga 2018 mendatang. Pasar juga didukung oleh konflik antara pemerintah pusat Irak dan orang-orang Kurdi semi-otonom yang mengancam produksi minyak mentah dari ladang-ladang di bagian utara.

Minyak mentah WTI untuk pengiriman Desember diperdagangkan di $54,57 per barel di New York Mercantile Exchange pada pukul 09:02 pagi di Seoul, naik 19 sen. Total volume yang diperdagangkan sekitar 65 persen di bawah rata-rata 100 hari. Kontrak WTI pada hari Selasa menetap di $54,38, penutupan tertinggi sejak 23 Februari. Harga WTI menguat 5,2 persen di bulan lalu.

Minyak Brent untuk pengiriman Januari menambahkan 12 sen atau 0,2 persen menjadi $61,06 per barel di ICE Futures Europe exchange yang berbasis di London. Kontrak Brent untuk bulan Desember yang berakhir pada hari Selasa naik 47 sen atau 0,8 persen menjadi $61,37. Brent diperdagangkan lebih besar $6,27 dari WTI

Harga minyak naik pada hari Selasa, dengan  mentah mentah acuan Brent mencatat kenaikan lain pada level tertinggi lebih dari dua tahun dan minyak mentah West Texas Intermediate AS mengakhiri bulan ini dengan kenaikan sebesar 4,7%.Ekspektasi bahwa produsen minyak akan memperpanjang kesepakatan produksi hingga tahun depan telah memberikan dukungan untuk harga. Pedagang juga melihat ke depan untuk data persediaan minyak mentah AS, yang diperkirakan akan menunjukkan penurunan untuk pekan lalu.

Minyak mentah WTI Desember naik 23 sen atau 0,4%, untuk berakhir di $ 54,38 per barel di New York Mercantile Exchange. Pada hari berakhirnya kontrak, Brent Desember menambahkan 47 sen atau 0,8%, berakhir di $ 61,37 per barel di ICE Futures Europe, dengan kontrak naik sekitar 8% untuk bulan tersebut.Emas sedikit menurun pada hari Selasa, sehingga memberikan kenaikan ketiga secara beruntun terkait resiko, karena logam kuning berjuang menjauh dari posisi terendah dua bulan yang di capai pada akhir pekan lalu.

Emas Desember tergelincir $ 2,90, atau 0,2% menjadi $ 1,274.90 per ons. Itu merupakan penyelesaian tertinggi pada Jumat dan Senin. Khususnya, penyelesaian emas di level $ 1,269.60 pada Kamis lalu adalah yang terendah sejak 8 Agustus, menurut data FactSet. Itu membuat logam ini kehilangan sekitar 0,6% untuk pekan lalu. SPDR Gold Trust tergelincir 0,2% pada perdagangan premarket pada hari Selasa.Emas sebagian besar telah mengambil isyarat dari aksi dolar selama sesi terakhir.Di antara logam lainnya, perak Desember diperdagangkan pada $ 16,835 per ons, turun 0,1%, atau sekitar 1 sen. IShares Silver Trust diperdagangkan hampir flat

Sumber Marketwatch, edit by PT Equityworld Futures Semarang