PT Equityworld Futures – Euro dan sterling naik lebih tinggi pada hari Rabu karena kepercayaan investor naik di tengah berita Inggris telah menyerang rancangan perjanjian perceraian dengan Uni Eropa setelah lebih dari setahun pembicaraan.

Lonjakan euro dan sterling menyebabkan investor mengambil untung atas dolar AS, yang mengoreksi dari 16 bulan tertinggi.

Indeks dolar (DXY), ukuran nilainya versus enam mata uang utama diperdagangkan pada 97,03 pada hari Rabu, turun 0,28 persen. Indeks mencapai tertinggi 16 bulan di 97,69 pada hari Senin.

Equityworld Futures : Euro dan Sterling Bergerak Lebih Tinggi Terhadap Dollar

Aksi jual dalam dolar telah terjadi karena sentimen risiko yang meningkat di sekitar kesepakatan Brexit yang potensial dan bukan karena memburuknya fundamental ekonomi AS. Euro dan sterling merupakan sekitar 70 persen dari berat dalam indeks dolar.

“Jangan tertipu oleh kemunduran dalam dolar AS … hampir semua mata uang utama rebound karena faktor lokal dan bukan pergeseran selera untuk dolar AS atau perubahan dalam fundamental ekonomi,” kata Kathy Lien, managing director dari strategi mata uang di BK Asset Management.

Lien mengharapkan dolar untuk memperkuat lebih lanjut di belakang ekonomi AS yang kuat, menaikkan suku bunga dan status safe haven-nya.

Pound Inggris diperdagangkan pada $ 1,3006 pada hari Rabu, memperoleh 0,25 persen karena para pedagang mengurangi taruhan bearish setelah Inggris dan Uni Eropa menyetujui teks awal yang akan memungkinkan Inggris meninggalkan Uni Eropa dengan kesepakatan yang menghindari keberangkatan “keras Brexit” yang kacau.

Tantangan bagi Perdana Menteri Inggris Theresa May sekarang adalah untuk menjual kesepakatan ini ke parlemen, di mana para pendukung garis keras Brexit menuduhnya menyerah kepada Uni Eropa. Kabinet Inggris akan bertemu pada 1400 GMT pada hari Rabu untuk mempertimbangkan rancangan perjanjian penarikan.

“Sentimen bullish telah pasti kembali untuk pound tetapi kita perlu melihat rincian yang lebih baik dari kesepakatan draft dan Mei membutuhkan dukungan dari menteri-menterinya,” kata Michael McCarthy, kepala strategi pasar di pasar CMC.

McCarthy mencatat bahwa sementara masih ada banyak ruang lingkup untuk apresiasi sterling lebih lanjut, itu akan bijaksana untuk menunggu di sela-sela untuk sekarang sampai gambaran yang jelas muncul.

Naik pada sentimen positif seputar kesepakatan Brexit yang halus dan teratur, euro (EUR =) naik 0,14 persen diperdagangkan pada $ 1,1305 pada hari Rabu. Keuntungan euro dibatasi oleh kekhawatiran tentang proposal anggaran Italia dan data kepercayaan investor Jerman yang suram, kata para pedagang.

“Italia masih menjadi perhatian bagi para pedagang dan kita dapat melihat lebih banyak ketidakpastian di zona euro akan maju. Keuntungan dalam euro akan diredam,” tambah McCarthy.

Mata uang tunggal kehilangan 0,15 persen versus pound untuk diperdagangkan pada (EURGBP =) 0,8690. Euro mencapai level terendah 6-1 / 2 bulan terhadap sterling 0,8653 pada hari Selasa.

Dolar naik 0,11 persen terhadap yen pada hari Rabu untuk diperdagangkan di 113,93. Yen menyentuh level terendah enam minggu di 114,20 pada hari Senin.

 

news edited by Equityworld Futures