PT.EQUITYWORLD FUTURES Euro melayang mendekati level tertinggi tiga tahun terhadap dolar melemah pada hari Jumat, sementara meningkatknya risk appetite investor membebani yen.Euro stabil di level $ 1,2069 setelah naik 0,45 persen semalam.Mata uang bersama ini, yang terangkat sebagian oleh penyempitan spread yield AS zona euro, telah menguat 0,6 persen sejauh minggu ini. Kenaikan di atas $ 1,2092 akan membawa euro ke level tertingginya sejak Januari 2015.

Euro mendapat dorongan terakhirnya pada malam hari seiring data menunjukkan ekonomi zona euro menutup 2017 dengan pertumbuhan terkuat dalam hampir tujuh tahun.Dibebani oleh melemahnya greenback terhadap euro, indeks dolar terhadap sekeranjang enam mata uang utama berada turun 0,3 persen minggu ini, menyentuh level terendah tiga bulan di 91,751. Indeks tersebut juga menuju penurunan minggu ketiga.

Dolar Australia memperpanjang kenaikan dari hari sebelumnya, menguat ke level $ 0,7869, yang tertinggi sejak 20 Oktober.Aussie berada di jalur untuk meraih kenaikan selama empat minggu berturut-turut, dengan lonjakan harga komoditas seperti tembaga dan bijih besi baru-baru ini memberikan dorongan.

Dolar sedikit berubah di level 112,790 yen setelah naik sekitar 0,2 persen pada hari Kamis. Ini sedikit berubah terhadap yen minggu ini, yang sebelumnya sempat tergelincir ke level terendah dua minggu di level 112.055 pada hari Selasa.

Data dari Administrasi Informasi Energi AS pada Kamis ini menunjukkan bahwa pasokan minyak mentah domestik turun 7,4 juta barel untuk pekan yang berakhir 29 Desember.Itu lebih besar dari perkiraan penurunan 5,7 juta barel dari analis yang disurvei oleh S & P Global Platts. American Petroleum Institute pada hari Rabu telah melaporkan penurunan 5 juta barel, menurut sumber.

Laporan EIA, yang dirilis sehari terlambat karena liburan Hari Tahun Baru, juga mengatakan stok bensin naik 4,8 juta barel untuk minggu ini, sementara stok sulingan melonjak sebesar 8,9 juta barel. Survei S & P Global Platts memperkirakan kenaikan pasokan 2 juta barel untuk bensin dan meningkat 1,3 juta barel untuk sulingan. Minyak mentah untuk pengiriman bulan Februari naik 14 sen atau 0,2 % ke level $ 61,77 per barel di New York Mercantile Exchange, sedikit berubah dari sebelum rilis data pasokan

Harga emas berakhir lebih tinggi Kamis ini, mengatasi penurunan sebelumnya untuk melanjutkan keuntungannya ke sesi ke-10 berturut-turut.Ini merupakan kenaikan beruntun terpanjang sejak Juli 2011, menurut data FactSet, karena dukungan dari penurunan dolar yang kembali ke posisi terendahnya tiga bulan membantu mengimbangi tekanan dari laporan bulanan yang kuat mengenai tenaga kerja sektor swasta AS. Emas Februari menambahkan $ 3,10, atau 0,2%, untuk berakhir di $ 1,321.60 per ons. Itu adalah penyelesaian tertinggi untuk kontrak berjangka paling aktif sejak 15 September

Harga minyak menyentuh level tertinggi tiga tahun pada hari Kamis ini, seiring demonstrasi yang sedang berlangsung di Iran yang merupakan produsen utama, sehingga menambahkan premi risiko geopolitik ke pasar.Minyak West Texas Intermediate futures naik 12 sen atau 0,2% menjadi $ 61,75, berada di jalur tertinggi sejak Desember 2014.

Minyak mentah Brent yang merupakan acuan minyak global, turun 0,1% menjadi $ 67,79 per barel di ICE Futures exchange London, yang semula mencapai $ 68,27, level tertinggi sejak Mei 2015

Sumber Marketwatch, edit by PT Equityworld Futures Semarang