PT.EQUITYWORLD FUTURES Emas berjangka membukukan penurunan untuk sesi harian dan mingguan pada hari Jumat, menderita dari penurunan terendahnya dalam hampir satu tahun. Emas Agustus kehilangan $ 5,40, atau 0,4%, untuk menetap di level $ 1,241.20 per ounce, posisi terendah untuk kontrak paling aktif sejak 17 Juli 2017, menurut data FactSet. Logam kuning gagal menemukan dukungan dari ketegangan perdagangan AS-Cina di tengah penguatan keseluruhan dolar AS minggu ini.Harga emas menurun pada perdagangan Jumat pagi, menempatkan logam kuning berada di jalur untuk membukukan penutupan terendahnya dalam sekitar satu tahun terakhir, sehari setelah komoditas itu menghentikan penurunan untuk dua sesi terkait kekhawatiran tentang perdagangan global.

Emas untuk pengiriman bulan Agustus turun $ 6,60, atau 0,5%, ke level $ 1,240.20 per ons. Penutupan pada level tersebut akan mewakili level terendahnya untuk kontrak paling aktif sejak ditutup pada level $ 1,233.20 pada 17 Juli 2017, menurut data FactSet. Kontrak ditetapkan untuk penurunan mingguan menjadi 1,2%.Dolar yang lebih kuat – yang telah menekan permintaan haven di tengah gejolak perdagangan antara AS dan China dan mendorong lebih tinggi pada ekspektasi kenaikan suku bunga – telah menjadi dampak yang paling signifikan untuk emas. Penguatan greenback dapat membuat komoditas terkait dengan unit moneter, seperti emas, lebih mahal bagi pembeli yang menggunakan mata uang lainnya.Memang, Indeks Dolar AS yang mengukur dolar terhadap setengah lusin unit moneter, telah naik 1,2% selama minggu ini.

Emas menuju penurunan mingguan keempat dalam lima minggu seiring penguatan pada dolar AS yang menekan bullion. Perak dan paladium berada di jalur untuk penurunan mingguan terpanjang sejak 2015. Bullion untuk pengiriman cepat turun 0,5% menjadi $ 1,241.68 per ons di London, Harga turun 1,1% minggu ini, Logam diperdagangkan mendekati level terendahnya sejak Desember. Indeks Bloomberg Dollar Spot naik 1% minggu ini. Dalam logam mulia lainnya, Perak, platinum, kepala paladium menuju penurunan mingguan kelima. Perak melemah 0,8% menjadi $ 15,8211 per ons; turun 1,4% minggu ini, Platinum turun 1,1% menjadi $ 832,65 per ons; turun 1,4% minggu ini dan Palladium merosot 1,1% menjadi $ 941,42 / oz; turun 1,2% minggu ini

Emas bersiap untuk penurunan mingguan seiring penguatan dolar serta AS dan China yang memberikan sinyal untuk melanjutkan negosiasi perdagangan.Bullion untuk pengiriman segera -0,2% menjadi $ 1,245.04 / oz pada 12:58 siang di Singapura, setelah + 0,4% Kamis, menurut harga Bloomberg.Indeks Bloomberg Dollar Spot + 0,7% pekan ini.Dalam logam mulia lainnya: Perak, platinum, paladium menuju penurunan beruntun pekan kelima.

Emas menuju penurunan mingguan seiring penguatan dolar dan AS, sementara itu China memberikan sinyal untuk melanjutkan negosiasi perdagangan. Bullion untuk pengiriman segera sedikit berubah pada level $ 1,246.67 / oz pada 9:06 pagi di Singapura, setelah + 0.4% Kamis, menurut harga Bloomberg.Indeks Bloomberg Dollar Spot + 0,7% pekan ini. Dalam logam mulia lainnya: Perak, platinum, kepala paladium selama lima pekan beruntun mencatat penurunan.

 

Sumber Marketwatch, edit by PT Equityworld Futures Semarang